Sukses

Heru Budi: JAKIM 2024 Berlangsung Sukses, Diikuti 15 Ribuan Peserta

Heru Budi mengatakan Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 ini yang terbaik karena seluruh peserta di ketiga nomor maraton ini.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 sukses terlaksana atas partisipasi semua lapisan masyarakat.

"Ini merupakan rangkaian HUT ke-479 Jakarta yang diikuti 15 ribuan peserta" kata Heru di Jakarta, Minggu (23/6/2024).

Ia menyebutkan 15 ribu peserta itu mengambil tiga kategori maraton yakni seribuan orang di kategori 42 KM, empat ribuan peserta ambil kategori 21 KM, dan 10.355 orang mengambil nomor 10 KM.

"Kami ucapkan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, termasuk Polda, Pangdam, Dinas OPD DKI Jakarta, serta masyarakat karena kegiatan ini bisa steril dan 'safety'," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan JAKIM 2024 ini yang terbaik karena seluruh peserta di ketiga nomor maraton ini.

Dia sempat menanyakan ke sejumlah pelari dan atlet dan mereka cukup puas karena faktor steril dan keamanan sesuai yang dijanjikan. "Mudah-mudahan tahun berikutnya kualitas yang ada ini dapat kami jaga bersama," kata Heru.

Ia menambahkan untuk memaksimalkan agenda itu, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sejak Februari 2024.

"Kami sosialisasikan di bulan-bulan berikutnya dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dorong Masyarakat Rutin Olahraga

Selain itu, JAKIM 2024 ini memberikan dampak besar bagi Jakarta, baik mempromosikan Kota Jakarta, maupun meningkatkan putaran perekonomian masyarakat yang dilakukan UMKM di sekitar lokasi.

"Selain itu juga mendorong masyarakat untuk rutin berolahraga dan menjaga kesehatan," kata dia.

Sementara Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Nixon LP Napitupulu mengatakan pelaksanaan JAKIM 2024 berjalan sukses.

"Terima kasih kepada seluruh peserta dan kegiatan ini merupakan warisan Pj Gubernur karena merintis untuk Jakarta," kata dia.

3 dari 4 halaman

Jakarta International Marathon, Satpol PP Bakal Terjunkan 2.435 Personel Jaga Jalur Lintasan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta bakal menerjunkan 2.435 orang personel untuk mengamankan lintasan BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) yang akan digelar pada Minggu, 23 Juni 2024.

Kepala Satpol PP Jakarta Arifin mengatakan, setidaknya peserta BTN Jakarta International Marathon akan melewati 42 kilometer (km) lintasan.

"Kita bicaranya 42 kilometer jalur tersebut akan diturunkan personel sebanyak 2.435 orang, mulai dari start Barat laut Pintu Monas sampai dengan tempat finish-nya di GBK," kata Arifin di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Menurut Arifin, di sepanjang jalur 42 km tersebut, pihaknya akan membagi ribuan personel pada 219 lokasi titik penjagaan.

"Ada 50 titik sharing point, sharing point itu ada hiburan-hiburan yang ditampilkan Dinas Kebudayaan di 50 lokasi itu juga ditempatkan anggota. Selain itu, jarak per 30 meter juga ada anggota yang ikut mengamankan," jelas Arifin.

Kemudian, lanjut Arifin pada jarak per 1 kilometer juga disiagakan personel penanggung jawab. Arifin memastikan, pengamanan akan dilakukan secara maksimal.

 

4 dari 4 halaman

Pastikan Pelari Aman

"Jadi semua yang akan diturunkan itu personel yang cukup besar dalam sebuah pengamanan event internasional untuk benar-benar kita memastikan para runners, pelari tidak terganggu," ucap dia.

Lebih lanjut, Arifin memastikan jalur BTN Jakarta International Marathon juga akan steril dari kendaraan bermotor hingga lalu lalang warga.

"(Kita) kan mengusung 3S ya temanya, ada steril, secure, ada safety. Nah itu salah satunya, bagaimana anggota kami memastikan tidak ada kendaraan yang melintas, tidak ada orang yang lalu lalang di sana," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.