Sukses

35 Ton Sampah Terkumpul saat Acara HUT Jakarta 2024

Usai perayaan puncak HUT Jakarta, 1.100 personel petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov Jakarta mengangkut 35 ton sampah yang dihasilkan warga saat puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-497 Jakarta.

Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan menyebut, puluhan ton sampah atau setara dengan 140 M³ terkumpul dari sejumlah titik mulai dari wilayah Monas hingga Bundaran HI.

"Area yang ditangani seluruh Area Monas, Jalan Medan Medan, Jalan Thamrin sampai dengan Bundaran HI, Jalan Majapahit, Jalan Juanda Raya, Jalan Veteran Raya dan lll, Jalan Budi Kemuliaan," kata Yogi dalam keterangannya, Minggu (23/6/2024).

Yogi menyebut, usai perayaan puncak HUT Jakarta, 1.100 personel petugas kebersihan dikerahkan. Turut dibantukan juga dengan sejumlah unit kebersihan yang ada, mulai dari truk sampah hingga mini dump truck.

Sementara itu, Monas sejak pagi tadi terpantau para warga mengisi waktu dengan berolahraga sambil jalan santai bersama keluarga. Ada juga yang berfoto-foto sambil duduk-duduk di rumput area Monas.

Terlihat pula panggung-panggung konser yang tengah dibongkar oleh petugas pada perayaan HUT semalam. Sejumlah truk masih bersiaga untuk mengangkut tiang-tiang panggung yang sudah dibuka.

Kawasan Monas terlihat sudah bersih. Beberapa petugas oranye masih ada yang menyapu sampah-sampah yang tersisa di sudut-sudut Monas. Para petugas Dishub, TNI dan Polri juga terlihat di area monas.

Mereka berjaga di depan gerbang untuk memantau aktivitas warga dan kondisi keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak HUT ke-497 Jakarta, Heru Budi Bagi-bagi Kaos hingga Sepeda di Monas

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bagi-bagi kaos hingga sepeda kepada warga di perayaan puncak HUT ke-497 Jakarta yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Pantauan Liputan6.com, bagi-bagi kaos dilakukan Heru Budi saat berjalan dari sisi Jakarnaval menuju panggung utama puncak HUT ke-497 Jakarta. Sepanjang jalan menuju panggung utama kaos dilemparkan Heru Budi ke warga yang datang.

Adapun Heru Budi berjalan ke panggung utama ditemani para pemain dari Si Doel Anak Sekolahan. Heru mengenakan jaket boomber warna biru bergambar ondel-ondel.

Aksi bagi-bagi kaos tersebut dilanjutkan Heru Budi setibanya di atas panggung utama. Setelah itu, nampak Heru juga memanggil beberapa warga ke atas panggung untuk ditanya.

"Apa kabar, bapak pekerjaannya apa?," kata Heru.

"Saya pekerjaannya ojol (ojek online)," jawab warga tersebut.

Lebih lanjut, Heru bertanya terkait penghasilan warga yang bekerja sebagai ojek online tersebut.

"Sehari bapak bisa dapat berapa, penghasilannya?," ujar Heru.

"Ya sekitar Rp 150 ribu lah," kata warga itu.

Mendengar hal tersebut, Heru meminta stafnya untuk mencatat nama warga tersebut. Dia bilang, ingin memberikan warga itu satu unit sepeda.

"Catat ya namanya, nanti kita kasih sepeda," kata dia.

Adapun puncak HUT Jakarta di Monas ini juga dimeriahkan penampilan musik dari Budi Doremi, GIGI, Shandy Sandoro, Wali, Nella Kharisma, Siti Badriah, hingga Cakra Khan.

 

3 dari 3 halaman

Absen Hadiri Malam Perayaan HUT ke-497 Jakarta di PRJ

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan alasan ketidakhadirannya di 'Malam Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta' yang berlangsung di Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat malam, 21 Juni 2024.

Heru menyampaikan, ia absen ke PRJ karena harus mengikuti rapat persiapan upacara HUT ke-79 RI yang bakal dihelat pada 17 Agustus 2024.

"Oh di PRJ, engga saya (tidak hadir) di PRJ. Itu saya rapat sampai malam terkait dengan HUT RI," kata Heru usai upacara HUT ke-497 Jakarta di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini menyebut, rapat persiapan HUT ke-79 RI yang diikutinya itu membahas tata cara pelaksanaan upacara. Rapat, kata Heru memakan waktu cukup lama.

"Jadi tata upacara militer (dibahas), terus disambung dengan pembahasan penurunan bendera yang selesai, itu marathon sampai jam 9 malam," ungkap Heru.

Lebih lanjut, Heru menegaskan kendati tidak hadir di malam perayaan HUT ke-497 Jakarta di PRJ semalam, ia sudah pernah hadir secara langsung di PRJ saat pembukaan yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 12 Juni 2024.

"Toh saya sudah hadir kan pembukaan (PRJ)," ujarnya.

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.