Sukses

Ridwan Kamil: Jakarta Tempat untuk Gagasan Kelas Dunia

Menurut Ridwan Kamil, Pilkada Jakarta 2024 bersejarah karena bersamaan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa Jakarta sebagai tempat bagi gagasan kelas dunia membutuhkan perubahan melalui pemimpin yang memiliki imajinasi.

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," kata Ridwan Kamil dikutip dari Antara, Minggu (23/6/2024).

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat memberikan pandangan mengenai masa depan Jakarta dalam acara Konsolidasi Relawan Kita (RK) di Jakarta, Sabtu (22/6/2024)..

Menurut dia, Pilkada Jakarta 2024 bersejarah karena bersamaan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia juga mengatakan Jakarta sebagai kota yang telah tumbuh lama tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara Indonesia yang akan dipindahkan ke IKN.

"Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun," ujar Ridwan Kamil yang menjadi kurator IKN itu.

Dia lantas menyoroti berbagai masalah yang sedang dihadapi Jakarta, salah satunya polusi udara. Menurut dia, kondisi yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari kondisi yang terjadi di tingkat global maupun wilayah sekitarnya.

"Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kota yang baik dan humanis adalah ketika orang lebih senang berkumpul di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan dan itu bisa terjadi ketika kondisinya aman, nyaman, serta ramah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KIM Sepakat Dukung RK

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menyebut bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sepakat mendukung Ridwan Kamil maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

"DKI (Jakarta) saya mengusulkan Ridwan Kamil (RK), saya kira semua (partai koalisi) sudah mau menyutujui RK maju di Jakarta," ungkap Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) dikutip dari YouTube Liputan6, Rabu (19/6/2024).

Pria yang akbran disapa Zulhas ini menambahkan, untuk bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil hingga kini belum diputuskan. Ia menyebut, partai politik yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 lalu itu masih membangun komunikasi untuk menentukan pendamping Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Wakilnya belum diputuskan. Tapi RK nya sudah," ucap Zulhas.

Selain itu, PAN bersama KIM juga sepakat untuk mengusung beberapa tokoh lainnya untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024 mendatang.

"Pertama di Jawa Timur sudah sepakat Khofifah pasangannya dengan Emil Dardak. Kedua, Jawa Tengah, Pak Kapolda, Pak Luthfi," kata Zulhas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini