Sukses

Luhut Bangga Sistem Digitalisasi Layanan Perizinan Event Murni Buatan Anak Bangsa

Menurut Luhut, digitalisasi merupakan upaya Indonesia meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia sebagai destinasi utama Asia Tenggara dan meningkatkan jumlah event internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi sistem digitalisasi perizinan event yang diluncurkan Polri. Dia pun bangga sistem operasi yang digunakan merupakan buatan anak bangsa

“Kami sampaikan apresiasi kepada Polri, Kapolri beserta jajaran atas gerak cepat dalam pengembangan perizinan online yang kita rintis bersama sama sebagai respons atas kebutuhan industri pariwisata. Perizinan online akan memberikan kredibilitas dan transparansi yang berkeadilan bagi industri pariwisata dalam pelaksanaan event-event," tutur Luhut di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Menurut Luhut, digitalisasi merupakan upaya Indonesia meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia sebagai destinasi utama Asia Tenggara dan meningkatkan jumlah event internasional. Industri kreatif pun akan semakin mendorong perekonomian dalam negeri.

"Hal ini akan menjadi magnet untuk mendorong pencapaian target 1,25 miliar perjalanan wisatawan nusantara dan 14,3 juta wisawawan mancanegara dalam rangka program nasional bangga berwisata di Indonesia 2024," jelas dia.

Penggunaan OSS dalam digitalisasi perizinan event itu pun akan mempermudah pendaftaran kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), serta pemangkasan duplikasi perizinan, memotong izin pendaftaran, dan memudahkan pembayaran. Terlebih, operasionalnya turut melibatkan lintas kementerian seperti Kemenko Marves, Kemenkeu, Kemenparekraf, KemenpanRB, Pemprov DKI Jakarta, Polri, dan Telkom.

"Yang membanggakan, sistem ini dibangun sepenuhnya oleh anak-anak bangsa tanpa keterlibatan konsultan asing. Jadi pure anak-anak Indonesia," ungkap Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi Kerumitan Birokrasi

Semangat digitalisasi perizinan event dinilainya dapat mengatasi kerumitan birokrasi dan mempercepat kinerja pemerintahan tanpa membuat aplikasi baru. Digitalisasi dan kemudahan perizinan event juga akan membuat pemerintah semakin sering menyelenggarakan event menarik nasional maupun internasional, untuk menarik wisatawan mancanegara.

Pemerintah menerapkan kemudahan izin kegiatan nasional dalam kurun waktu maksimal 14 hari. Pemerintah juga tengah mengintergrasikan pengajuan izin kegiatan internasional berupa izin kerja tenaga asing dan visa TKA online, hingga perizinan impor sementara.

"Dengan integrasi tersebut, perizinan penyelenggaraan event musik dan sejenisnya yang berskala internasional akan lebih mudah diperoleh. Hal ini akan meningkatkan daya ungkit Indonesia agar lebih kompetitif dibanding negara tetangga," Luhut menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.