Sukses

Insiden Kebakaran, Revo Mall Bekasi Pastikan Seluruh Pengunjung dan Karyawan Aman

Dia menyebut, salah satu upaya Manajemen Revo Mall adalah melakukan pembersihan dan pengecekan secara menyeluruh. Sebab itu, Mall pun tidak beroperasi pada Minggu, 23 Juni 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran Revo Mall Bekasi terjadi pada Sabtu, 22 Juni 2024 sekitar pukul 19.00 WIB. Pihak manajemen memastikan evakuasi terhadap seluruh pengunjung dan karyawan di area terdampak telah dilakukan secara tepat dan efektif. 

Head of Marcomm Retail Farpoint, Rendy Renaldy Yusuf memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden Kebakaran Revo Mall Bekasi tersebut.

“Kami sangat prihatin dengan kejadian ini dan bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa. Keselamatan dan kesejahteraan pengunjung serta staf adalah prioritas utama kami. Kami berkomitmen penuh untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dalam investigasi ini dan memastikan bahwa langkah-langkah pencegahan yang lebih ketat akan diterapkan untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang,” tutur Rendy dalam keterangannya, Senin (24/6/2024).

Dia menyebut, salah satu upaya Manajemen Revo Mall adalah melakukan pembersihan dan pengecekan secara menyeluruh. Sebab itu, Mall pun tidak beroperasi pada Minggu, 23 Juni 2024.

“Kami sangat menghargai kecekatan tim pemadam kebakaran dan layanan darurat atas respons cepat dan profesional mereka. Kami juga berterima kasih kepada para pengunjung dan tenant atas kesabaran dan pengertian mereka selama penanganan insiden ini. Kami akan senantiasa memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan situasi ini,” kata Rendy.

Diketahui, Revo Mall kembali beroperasi secara terbatas di area Diamond Supermarket LG dan akses menuju stasiun LRT Bekasi Barat melalui area parkir mobil Lobby Utara, pada Senin, 24 Juni 2024. Hal itu pun setelah adanya proses pembersihan dan memastikan kelayakannya operasional.

Sementara untuk area yang masih memerlukan pembersihan, baru akan dibuka secara bertahap demi memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Orang Dikabarkan Sesak Napas

Sebanyak 10 orang dikabarkan mengalami sesak napas pasca menghirup asap akibat kebakaran di Mal Revo Town, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu 22 Juni 2024. Seluruh korban sudah dilarikan ke RSUD Kota Bekasi.

Berdasarkan informasi, api diduga berasal dari salah satu restoran yang berada di lantai UG. Api dengan cepat membesar dan merambat ke seluruh toko di lantai tiga, empat serta satu.

Asap tebal terlihat menjulang keluar dari titik kebakaran. Pengunjung mal yang panik, berhamburan keluar menyelamatkan diri. Beberapa di antaranya mengalami sesak napas sehingga dilarikan ke RSUD Kota Bekasi.

"Terdapat 10 orang yang mengalami sesak napas akibat menghirup asap dan sudah dibawa ke RSUD Kota Bekasi," kata Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Untung Riswaji, Minggu (23/6/2024).

Menurutnya, api baru diketahui sekira pukul 17.30 WIB dari salah satu tempat kuliner. Banyaknya barang yang mudah terbakar, membuatnya api dengan cepat membesar dan menghanguskan isi toko yang berada di lantai tiga, empat dan satu.

"Belum diketahui penyebab pasti kebakaran, tapi diduga berasal dari kebocoran kompor portabel di salah satu restoran," ujar Untung.

 

3 dari 4 halaman

17 Unit Pemadam Diterjunkan

Sementara Komandan Kompi B Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi, Haryanto menuturkan pihaknya menerjunkan 17 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

"Titik awal api berasal dari restoran yang berada di lantai UG atau lantai dua. Kebakaran merembet ke lantai satu, lantai tiga dan empat," ungkapnya.

Haryanto menyebut tebalnya asap yang keluar dari mal, membuat petugas kesulitan menuju titik api. Setelah beberapa jam, api berhasil dipadamkan dan langsung dilakukan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi titik api yang berpotensi membesar.

"Untuk korban jiwa tidak ada, hanya 10 orang dilaporkan sesak napas dan dilarikan ke RSUD," jelas dia.

 

4 dari 4 halaman

Buka Satu Pintu Akses

Saat ini pihak mal dikabarkan hanya membuka satu pintu akses menuju lokasi. Sementara kasus ini masih ditangani Polsek Bekasi Selatan dan Polres Metro Bekasi Kota untuk memastikan penyebab kebakaran.

Kebakaran melanda pusat perbelanjaan Mal Revo Town, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 22 Juni 2024 malam.

Peristiwa kebakaran Mal Revo Kota Bekasi ini juga viral di media sosial X. Sejumlah unggahan warganet menunjukkan suasana di mal.

Terlihat para pengunjung Revo Town berhamburan keluar dari gedung untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi. Asap tebal juga terlihat dari luar mal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini