Sukses

Nasib Gedung Lama SDN Pondok Cina 1, Wali Kota Depok: Jangan Sampai Diisi Makhluk Lain

Usai pembatalan pembangunan SDN Pondok Cina 1 dijadikan masjid, kini kondisi sekolah yang berada di Jalan Raya Margonda, terlihat kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Usai pembatalan pembangunan SDN Pondok Cina 1 dijadikan masjid, kini kondisi sekolah yang berada di Jalan Raya Margonda, terlihat kosong. Pemerintah Kota Depok berencana anak membersihkan sekolah yang telah dibangun pada 1946 untuk mencegah dijadikan tempat negatif.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota Depok berencana untuk membersihkan gedung lama SDN Pondok Cina 1. Pemerintah Kota Depok telah merelokasi SDN Pondok Cina 1 ke daerah lain, pembangunannya sudah dilakukan sejak 2023 dan telah ditambah enam ruangan, termasuk ruangan guru.

“Ya nanti kita lihat yang penting kita bersihkan dulu ini tempat, ya biar enaklah dilihatnya, jangan sampai ini ditempati makhluk-makhluk lain,” ujar Idris, Senin (24/6/2024).

Idris menjelaskan, Pemerintah Kota Depok berencana membersihkan dan merapikan gedung lama SDN Pondok Cina 1. Pemerintah Kota Depok tidak ingin bangunan SDN Pondok Cina 1 jadikan tempat negatif.

“Jangan sampai ini dijadikan tempat yang negatif, kan orang Indo ga bisa liat tempat kosong, enak, adem, akhirnya dipakai,” jelas Idris.

Pemerintah Kota Depok telah mengambil sejumlah aset berharga dan kelengkapan lain untuk dimanfaatkan kembali. Pemerintah Kota Depok akan merencanakan kembali bangunan SDN Pondok Cina 1 untuk peruntukan lain.

“Nanti gedungnya seperti apa dan peruntukannya apa, akan kita diskusikan kembali, bisa buat taman, bisa buat macem-macem,” ucap Idris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aset Pemkot Depok

Diketahui, bangunan SDN Pondok Cina 1 merupakan aset milik Pemerintah Kota Depok. Pemerintah Kota Depok sempat melakukan kajian untuk siswa dari sisi keamanan, lalu lintas, dan polusi.

“Kita rekomendasi untuk direlokasi, kemarin karena ada yang tidak senang dari orang tua siswa, maka kita tunda sementara,” terang Idris.

Berjalannya waktu, Pemerintah Kota Depok telah merelokasi dan membuat kelas baru untuk siswa SDN Pondok Cina 1, melakukan pengajaran serentak di pagi hari. Kini, siswa SDN Pondok Cina 1 telah memiliki gedung baru sehingga dapat melakukan kegiatan belajar dan mengajar di lokasi yang dinilai aman.

“Sekarang sudah selesai dan sudah dipakai,” kata Idris.

3 dari 3 halaman

Penolakan

Pemerintah Kota Depok sebelumnya sempat merencanakan gedung lama SDN Pondok Cina 1 akan dijadikan masjid dengan adanya bantuan anggaran dari Provinsi Jawa Barat. Namun pembangunan tersebut mendapatkan penolakan sehingga dibatalkan Gubernur Jawa Barat, saat itu dipimpin Ridwan Kamil.

“Sekarang sumbangan Provinsi nya sudah ga ada, karena Ridwan Kamil nya udah ga ada. Nanti Gubernur yang baru, kalau mau ngasih lagi, ya mangga (silahkan),” ungkap Idris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.