Sukses

Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024

Bursa bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024 semakin semarak. Setelah Ridwan Kamil dan Anies Baswedan yang mempunyai elektabilitas tinggi dijagokan sejumlah parpol, kini muncul nama Mohamad Sohibul Iman.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa bakal calon gubernur atau cagub untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024 semakin semarak. Setelah Ridwan Kamil dan Anies Baswedan yang mempunyai elektabilitas tinggi dijagokan sejumlah partai politik atau parpol, kini muncul nama Mohamad Sohibul Iman.

Nama Mohamad Sohibul Iman diungkapkan juru bicara atau jubir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Mabruri. Sohibul Iman saat ini menjabat Wakil Ketua Majelis Syuro PKS periode 2020-2025.

"Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai calon Gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar jubir PKS tersebut di Jakarta, Minggu 23 Juni 2024.

Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. "Artinya, Beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik," Mabruri menambahkan.

Namun, sosok yang akan mendampingi Sohibul Iman pada Pilkada Jakarta 2024 masih menunggu koalisi terbentuk. "Dengan siapa Pak Sohibul Iman berpasangan, nanti kita melihat komposisi koalisi yang terbentuk. Jadi bukan artinya partai tidak punya kader, punya. Tapi siapa pasangannya akan menunggu koalisi yang terbentuk siapa yang akan diusung menjadi cagub dan cawagub," Mabruri menjelaskan.

Bukan hanya Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Sohibul Iman. Sebelumnya, sejumlah tokoh juga masuk bursa bakal cabub Pilkada Jakarta 2024. Di antaranya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Siapa saja masuk bursa bakal cabub Pilkada Jakarta 2024? Bagaimana prediksi koalisi parpolnya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Bursa Bakal Cagub dan Prediksi Koalisi Parpol Pilkada Jakarta 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini