Sukses

Tawarkan Kader, PKS Buka Peluang Dukung Ridwan Kamil Maju Pilgub 2024

Dia memastikan ada komunikasi untuk menduetkan eks Wali Kota Bandung itu dengan kader PKS.

Liputan6.com, Jakarta Jubir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian menyebut, ada komunikasi dengan Golkar untuk memasangkan Ridwan Kamil dengan kader PKS untuk Pilgub 2024. Namun, Pipin tidak merinci untuk provinsi mana duet RK dengan kader PKS. 

"Salah satunya, salah satunya, setahu kami memang Pak Ridwan kamil ingin menjajaki koalisi dan tertarik dengan memasangkan dengan kader PKS," kata Pipin ditemui di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6). 

Lebih jelasnya, Pipein meminta hal itu ditanyakan langsung ke Ridwan Kamil. Dia memastikan ada komunikasi untuk menduetkan eks Wali Kota Bandung itu dengan kader PKS.

"Ya tanya sendiri tapi memang ada komunikasi seperti itu ada," ucapnya.

Lebih lanjut, Pipin mengatakan, hampir semua partai politik meminta berkoalisi dengan PKS untuk Pilgub Jawa Barat. Parpol-parpol lain meminta calonnnya diduetkan dengan kader PKS di Jabar.

"Jawa Barat itu menarik ya bagaimanapun kami bersyukur bahwa di Jawa Barat PKS Jawa Barat itu menjadi magnet, hampir semua parpol minta berkoalisi dengan PKS dan sudah beberapa partai dan tokoh meminta untuk dipasangkan dengan kader PKS," pungkasnya.

Sebelumnya, DPP PKS telah mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut keputusan PKS itu masih bisa berubah.

Kan bisa terjadi barang kali perubahan-perubahan, ya mungkin hari ini barangkali Pak Sohibul, besok beda lagi kan," kata Paloh di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024).l

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Menang Anies Besar

Menurut dia, saat ini yang memiliki elektabilitas dan peluang menang di tinggi di Pilkada Jakarta adalah Anies Baswedan.

"Kalau yang saya mendapatkan dari berbagai sumber, ya memang Anies Baswedan yang saat ini amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei ya, rankingnya nomor satu. Saya pikir capek juga orang mau menghadapi dia di Jakarta ini," kata Paloh.

Sementara terkait nama Bendum NasDem Ahmad Sahroni yang diajukan DPW menjadi bakal cagub Jakarta, menurut Paloh elektabilitas Sahroni belum tinggi sehingga harus hati-hati.

"Ya kita lihat dulu probability-nya. NasDem kan tidak mengutamakan selalu masalah pencalonan ini dalam aspek pendekatan semata-mata dari kader," kata dia.

"Sahroni bisa saja punya kapabilitas yakin kita itu, anak muda satu itu, tapi elektabilitasnya untuk satu medan lapangan Jakarta itu harus kita lihat hati-hati," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.