Sukses

Infografis Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Telan Anggaran Rp 71 Triliun

Menkeu Sri Mulyani mengakui Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah menyepakati alokasi anggaran program Makan Bergizi Gratis sebesar Rp 71 triliun. Angka Rp 71 triliun itu masuk dalam postur anggaran RAPBN 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Besaran anggaran program Makan Bergizi Gratis atau MBG mulai terkuak. MBG yang semula bernama Makan Siang Gratis itu salah satu program unggulan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye Pilpres 2024.

Sekalipun belum resmi menjabat, Prabowo-Gibran berupaya keras membuktikan salah satu janji kampanye mereka tersebut. Terutama janji untuk memberikan makan siang gratis kepada para pelajar sekolah dasar atau SD.

Terkait program Makan Bergizi Gratis, Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alokasi anggarannya mencapai Rp 71 triliun. Menkeu menjelaskan itu menjadi alokasi secara bertahap.

Sri Mulyani mengungkapkan pula telah menjalin komunikasi dengan tim utusan Presiden terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Termasuk untuk menyesuaikan besaran anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

"Banyak pertanyaan mengenai program prioritas Makan Bergizi Gratis, kami telah berkomunikasi dengan Presiden terpilih Bapak Prabowo dan timnya. Dan ini untuk memberikan clarity (penjelasan) mengenai bagaimana Makan Bergizi Gratis akan fit dalam RAPBN 2025," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin 24 Juni 2024.

Bendahara Negara itu mengakui Prabowo sudah menyepakati alokasi anggaran program Makan Bergizi Gratis sebesar Rp 71 triliun. Ini sebagai anggaran tahap pertama.

Selain itu, menurut Sri Mulyani, angka Rp 71 triliun itu sudah masuk dalam postur anggaran RAPBN 2025 dengan desain defisit 2,29-2,82 persen. Menkeu menyatakan kepastiannya akan disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Sidang Paripurna DPR pada 16 Agustus mendatang.

Adapun merujuk laporan Program Pangan Dunia atau WFP, sekitar 418 juta anak di dunia menerima manfaat makananan gratis di sekolah. Namun, sekitar 73 juta anak rentan atau masih membutuhkan makanan gratis di sekolah.

Program Makan Bergizi Gratis bakal menjadi salah satu program unggulan di pemerintahan Prabowo-Gibran dengan anggaran awal Rp 71 triliun. Sebagai perbandingan, bagaimana ragam program makan siang gratis anak sekolah di 8 negara? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Telan Anggaran Rp 71 Triliun

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Program Makan Siang Gratis Anak Sekolah di 8 Negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.