Sukses

HUT ke-78 Bhayangkara, Polri Gelar Bakti Sosial Kesehatan Se-Indonesia

Mabes Polri menggelar bakti sosial kesehatan untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Kegiatan layanan kesehatan gratis itu merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-78 Bhayangkara.

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri menggelar bakti sosial kesehatan untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Kegiatan layanan kesehatan gratis itu merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-78 Bhayangkara.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung puncak bakti sosial kesehatan itu di Lapangan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dia pun menyapa seluruh masyarakat yang hadir, termasuk penyandang disabilitas.

"Kapolri juga secara simbolis menyerahkan bantuan kaki palsu," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangannya, Rabu (26/5/2024).

Polri memecahkan Rekor MURI pelayanan kesehatan kepada penyandang disabilitas terbanyak dengan jumlah 10.000 peserta.

"Bakti kesehatan Polri ini telah dilaksanakan pada tanggal 30 Mei hingga 25 juni 2024 oleh seluruh Biddokkes Polda dan Rumkit Bhayangkara jajaran," jelas dia.

Adapun Polri telah melaksanakan 3.850 kegiatan, di antaranya ada pengobatan umum 2.000 kegiatan, operasi katarak 300 kegiatan, dan pengobatan untuk anak stunting 100 kegiatan. Ada juga program lain seperti pengobatan gigi hingga vaksinasi polio.

"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian sosial Polri kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," Sandi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rangkaian Hari Bhayangkara ke-78, Polri Bedah 558 Rumah Tak Layak Huni

Salah satu program Polri yang menjadi rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78 adalah kegiatan bedah rumah yang menyasar ke seluruh wilayah Indonesia. Tercatat sebanyak 558 bangunan diperbaiki dalam rangka bakti sosial serentak di 34 Polda.

“Program bedah rumah ini tidak hanya bertujuan memperbaiki kondisi fisik hunian, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di rumah tersebut,” tutur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Sementara itu, Asisten Logistik (Aslog) Kapolri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono selaku Ketua Panitia Bakti Sosial Polri menambahkan, program bedah rumah itu menyasar ke hunian anggota Polri aktif, purnawirawan, serta masyarakat umum yang kediamannya sudah tidak layak huni dan berada di kawasan kumuh.

Hingga saat ini, Mabes Polri telah menyelesaikan perbaikan lima rumah, sementara Polda jajaran sudah merenovasi 300 rumah dari target 335 rumah.

"Program bedah rumah ini bukanlah mengutamakan kuantitas rumah, melainkan kualitas rumah sehat yang terdiri atas tersedianya akses air minum, ventilasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup, akses toilet yang sehat dan lantai yang bersih," jelas Argo.

Adapun kegiatan bakti sosial itu juga meliputi distribusi 410.838 paket sembako, di mana Polri telah mendistribusikan sebanyak 186.338 paket sembako ke berbagai daerah.

"Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan memeriahkan peringatan Hari Bhayangkara ke-78," kata Argo.

3 dari 3 halaman

Kapolri Pimpin Pelepasan 315.718 Paket Sembako, Sambut Hari Bhayangkara ke-78

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin pelepasan secara simbolis 315.718 paket sembako untuk masyarakat di berbagai pelosok Indonesia. Kegiatan sosial ini dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78.

Dalam acara tersebut, Kapolri Listyo didampingi langsung sang istri yang juga Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo. Mereka mengibarkan bendera sebagai tanda dimulainya distribusi sembako ke berbagai wilayah.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, serta memberikan bantuan nyata bagi mereka yang membutuhkan.

Polri berharap, kegiatan bakti sosial tersebut semakin mempererat hubungan antara instansi penegak hukum itu dan masyarakat.

"Selain kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan pada hari ini, besok juga ada kegiatan bakti sosial lainnya. Besok akan dilaksanakan bakti kesehatan di Karawang dan seluruh jajaran di Indonesia," tutur Sandi di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Sandi menyebut, rangkaian kegiatan itu tidak hanya berhenti satu hari saja, namun tetap berlanjut dengan berbagai aktivitas lainnya, seperti bakti olahraga semisal karate, bulutangkis, dan judo.

"Mudah-mudahan ini semua bisa memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 sekaligus juga mendekatkan Polri lebih dekat dengan masyarakat," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.