Sukses

Persiapan HUT RI, Raja Juli Sebut Pembangunan Tol ke IKN Segera Rampung

Pemerintah telah menyelesaikan sebagian jalan tol menuju kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di IKN jelang HUT ke-79 Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah menyelesaikan sebagian jalan tol menuju kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di IKN jelang HUT ke-79 Republik Indonesia.

Perjalanan yang awalnya harus ditempuh selama 2,5 jam dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, kini hanya memerlukan waktu 70 menit.

Plt Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut akan rampung pada akhir bulan Juli 2024. Sehingga di awal Agustus 2024, sudah dapat digunakan.

"Insyaallah pada akhir Juli sudah bisa (selesai), hanya 70 menit dari bandara Balikpapan, Insyaallah bulan Agustus bisa dilewati," kata dia dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Politikus PSI ini mengungkapkan, pembangunan ini memang belum sepenuhnya selesai. Dia meminta dukungan masyarakat agar semua berjalan lancar.

"Apalagi nanti bulan Desember saat jalan tol makin terkoneksi, waktu tempuh cukup 45-50 menit. Doakan pembangunannya lancar ya," ungkap Raja Juli.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada 16 Agustus 2024, atau satu hari sebelum perayaan upacara HUT Republik Indonesia ke-79 yang diselenggarakan secara hybrid di IKN Nusantara dan Jakarta.

Ini adalah event penting, harus bisa dan harus semangat (kejar target)," kata Basuki yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Badan Otorita IKN dalam keterangan tertulis, Selasa (25/6/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Memorial Park IKN Target Rampung 16 Agustus 2024

Di samping itu, Basuki juga meminta pengindahan Memorial Park untuk segera dikerjakan.

"Saya minta untuk mulai ditanami, jangan tunggu pekerjaan selesai biar kelihatan hidup. Saya minta pertengahan Juli sudah rapi, ambience terlihat mau seperti apa," pintanya.

Adapun Memorial Park IKN dibangun sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan pendiri bangsa yang telah memerdekakan Indonesia. Pembangunan Memorial Park akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang akan menjadi point of view di IKN yang mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN.

Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024.

 

3 dari 3 halaman

Pembangunan Memorial Park IKN

Pembangunan Memorial Park IKN dilakukan oleh Nindya Karya-Penta melalui skema kerja sama operasi (KSO) dengan biaya Rp 335 miliar. Area Memorial Park memiliki luas 2.034 m2 terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga seluas 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap. Area terbuka Memorial Park dapat menampung 1.000 orang.

Progres pekerjaan struktur Memorial Park 40 persen, pekerjaan patung 61 persen, progres pekerjaan struktur Bukit Bendera 50 persen, pekerjaan tiang bendera 50 persen, pekerjaan fisik Beranda Nusantara 65 persen.

Rencananya, Beranda Nusantara akan digunakan sebagai lokasi upacara HUT ke-79 RI jika hujan turun. Untuk itu, Basuki juga minta mempercepat penyelesaian Beranda Nusantara. "Saya minta untuk dipercepat, tambah lagi pekerjanya. Minggu kedua Juli saya harap sudah selesai," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.