Sukses

Kolaborasi BUMN Jalankan Program Binaan ke Warga Lapas Cipinang

Program tersebut mencakup berbagai inisiatif di bidang lingkungan, ekonomi, dan pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Department Head Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny Sulistyo mengatakan, sebagai bagian dari BUMN, Pelindo terus memberi bukti nyata dalam program sosial ke masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang.

“Sebanyak 12 BUMN, bersama Pelindo (total 13) meluncurkan Program BUMN Pelita Warna Tahap 2 Tahun 2024 yang menjadi sebuah inisiatif untuk memberi dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya warga binaan di Lapas Cipinang,” kata Febrianto dalam keterangan diterima, Kamis (27/6/2024).

Febrianto menjelaskan, program tersebut mencakup berbagai inisiatif di bidang lingkungan, ekonomi, dan pendidikan. Dalam bidang lingkungan, program ini meliputi revitalisasi sarana dan prasarana sanitasi menjadi ramah lingkungan dengan bio septitank serta sebagai sumber energi melalui bio digester.

“Penerapan integrated farming akan menggabungkan produksi tanaman dan ternak untuk memastikan warga binaan mendapatkan akses ke pangan yang sehat dan bergizi,” yakin Febrianto.

Kemudian di bidang ekonomi, lanjut dia, inisiatif program terkait dirancang untuk mendukung kemandirian warga binaan dengan berbagai langkah. Sebagai contoh, produk roti, kopi, dan kriya yang dihasilkan oleh warga binaan hasil dari Program Pelita Warna Tahap 1 Tahun 2023 akan dipasarkan melalui pelatihan pemasaran di Program Tahap 2 Tahun 2024.

“Bantuan dalam kemasan dan branding untuk produk kopi dan roti akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk di pasar. Program ini juga menyediakan peralatan usaha kriya, seperti mesin laser dan alat kemasan, untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi kerajinan tangan,” yakin dia.

Selanjutnya, tutur Febrianto, dalam bidang pendidikan, terdapat sosialisasi anti narkoba tahap dua, revitalisasi ruang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan pelatihan keterampilan MS Office bersertifikat.

“Semua ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan berharga bagi warga binaan yang dapat mereka gunakan setelah bebas,” tegas Febrianto.

Febrianto berharap, program TJSL tidak berhenti sebagai inisiatif sementara, tetapi menjadi awal perjalanan panjang menuju transformasi positif dan berkelanjutan warga binaan Lapas Cipinang. Sebab komitmen BUMN adalah menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat.

“Kolaborasi dan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak diharapkan mampu menciptakan masa depan yang lebih. Melalui kolaborasi ini, kita dapat membuka peluang baru dan memberikan harapan bagi warga binaan," imbuh Febrianto memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BUMN yang Berpartisipasi

Diketahui, jumlah BUMN berpartisipasi meningkat dari 6 pada tahun 2023 menjadi 13. BUMN yang terlibat antara yaitu:

PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

PT Pegadaian

PT Asuransi Kredit Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia

PT Nindya Karya

PT Taspen (Persero)

PT Hutama Karya (Persero)

PT Wijaya Karya (Persero)

PT Brantas Abipraya (Persero)

PT Jaminan Kredit Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini