Sukses

Tekan Kualitas Buruk Udara Jakarta, Polda Metro Jaya Lakukan Penanaman 10 Ribu Pohon

Kegiatan ini merupakan upaya nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dalam menjaga kelestarian bumi dan ketahanan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya turut memberikan perhatian terhadap kualitas udara di DKI Jakarta. Aksi nyata pun dilakukan dengan melakukan penanaman 10 ribu pohon. Secara simbolis, penanaman pohon dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan. Kamis (27/6/2024).

Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto ini merupakan upaya nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dalam menjaga kelestarian bumi dan ketahanan pangan.

"Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi Peduli Penghijauan. Kita tanam secara simbolis sebanyak 100 pohon di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan kemudian 10.000 pohon lainnya ditanam di 10 wilayah Polres Jajaran Polda Metro Jaya, masing-masing wilayah menanam 1.000 pohon," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2024).

Langgeng mengatakan, penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti ketahanan pangan, mengatasi masalah banjir, serta mengurangi ancaman pemanasan global, menambah produksi oksigen, serta lebih khususnya dapat menurunkan kadar polusi udara di sekitar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang telah melampaui ambang batas sehat.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat. Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

"Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanaman 10.000 Pohon di 10 Wilayah

Dia berharap penanaman 10.000 pohon yang tersebar di 10 lokasi wilayah hukum Polda Metro Jaya ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Selanjutnya diakhir acara Langgeng memberikan beasiswa kepada 3 Anak Asuh Polda Metro Jaya dari siswa SD, SMP dan SMK yang berprestasi.

Acara dihadiri Wakapolres Metro Jakarta Selatan, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutang Kota Jakarta serta Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini