Sukses

Polisi Ungkap Sumber Penyebab Tawuran di Pasar Gembrong yang Terus Terjadi

Beberapa penyebab tawuran itu pun, kata Nicolas, jadi salah satu pemicu terjadinya tawuran yang berlangsung sekira pukul jam 05.30 WIB pada Kamis (27/6) pagi tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya telah dilakukan aparat kepolisian untuk meredam aksi tawuran yang kerap terjadi di depan Mal Bassura sampai Pasar Gembrong atau di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur.

“Upaya yang telah dilakukan upaya preemtif, preventif dan represif. Upaya progresif pun telah dilakukan berupa deklarasi damai antarkedua belah pihak,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly saat dihubungi, Kamis (27/6/2024).

Walaupun begitu, Nicolas tak menampik banyak faktor yang mempengaruhi terjadi tawuran di wilayah tersebut. Bahkan, diakuinya kalau masalah disana cukup kompleks.

“Karena banyak faktor yang mempengaruhi. Sangat kompleks yakni; Pendidikan,  Ekonomi, ⁠Kehidupan sosial dan budaya, ⁠Pengawasan Orang Tua, ⁠Rasa Dendam, ⁠Kepuasan diri sendiri,. ⁠Aktualisasi diri dan sebagainya,” sebutnya.

Beberapa penyebab tawuran itu pun, kata Nicolas, jadi salah satu pemicu terjadinya tawuran yang berlangsung sekira pukul jam 05.30 WIB pada Kamis (27/6) pagi tadi.

Bahkan, Nicolas menyebut kelompok massa yang tawuran pagi tadi sama dengan kejadian tawuran yang berlangsung Sabtu (22/6) pekan lalu.

“Pihak yang sama (melaku tawuran) yakni warga RW 01 dan 02 kelurahan Cipinang Besar Utara. (Dipicu) Balas dendam, saling mengejek dan menantang,” ucap dia.

Meski dari tawuran ini tidak ada korban. Tetapi anggota polisi masih berjaga di sekitar lokasi guna mengantisipasi terjadinya tawuran susulan.

"Tidak ada korban jiwa. Personel masih di TKP," ucapnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawuran di Pasar Gembrong

Sebelumnya pengendara yang melintas dibuat resah akibat tawuran yang kembali terjadi di depan Mal Bassura sampai Pasar Gembrong atau di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur pada Kamis (27/6) pagi.

Dikutip melalui unggahan akun @jakarta.terkini, tawuran yang terjadi di akses jalan Jatinegara membuat pengendara yang melintas pun terpaksa berhenti.

“Warga yang hendak memulai aktivitas terhalang oleh aksi tawuran di Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur pagi ini,” tulis keterangan pada akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini