Sukses

Dukung Program TKDN, Epson Tingkatkan Penggunaan Komponen Lokal

Dengan mendukung program TKDN, maka tidak hanya membantu meningkatkan produksi dalam negeri tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen kembali mengadakan sosialisasi dengan tema “Kompetensi SDM Pengadaan Barang/Jasa dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”. Acara ini digelar di Hotel Mexolie Kebumen pada Selasa 25 Juni 2024.

Dalam kegiatan kali ini, Pemkab Kebumen berkolaborasi dengan Epson dalam rangka penguatan sinergitas dan konsolidasi Bagian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Epson, sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka, menunjukkan komitmennya dalam mendukung program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Fahmi Reza, Product Marketing Epson Indonesia mengatakan, Epson mendukung program pemerintahan dengan menyediakan produk-produk berkualitas.

Tentunya dengan teknologi yang dapat mendukung kegiatan dari sektor pemerintahan dan swasta untuk meningkatkan efisiensi, kualitas dan keberlanjutan bisnis.

"Program TKDN bertujuan untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam produk-produk yang diproduksi di Indonesia, guna mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada impor," kata Fahmi dalam keterangannya.

Dalam rangka mendukung program TKDN, Epson telah berupaya meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam berbagai produk mereka yang diproduksi di Indonesia.

"Langkah ini tidak hanya membantu perusahaan memenuhi persyaratan TKDN tetapi juga mendukung pengembangan industri lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Selain itu, EPSON juga berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan (R&D) di Indonesia untuk menciptakan teknologi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar lokal.

"Dengan adanya pusat R&D di Indonesia, Epson dapat lebih mudah mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber daya lokal serta menciptakan produk yang lebih kompetitif di pasar domestic," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi dengan Pemasok Lokal

Sejauh ini, Epson juga menjalin kolaborasi dengan pemasok lokal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas komponen yang digunakan dalam produksinya.

Senior Marketing Manager Top Distribusi, Eunike Ditha mengatakan, bahwa sebagai Partner Resmi Epson Indonesia di Jawa Tengah selalu berkomitmen dan berusaha untuk memenuhi permintaan berbagai line up produk-produk Epson dan juga menyediakan layanan purna jual yang dibutuhkan berbagai sektor baik di pemerintahan dan swasta.

"Kerjasama ini tidak hanya membantu pemasok lokal berkembang tetapi juga memastikan bahwa Epson dapat memenuhi standar kualitas internasional sambil tetap mematuhi regulasi TKDN," terangnya.

Dengan mendukung program TKDN, Epson tidak hanya membantu meningkatkan produksi dalam negeri tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Penggunaan komponen lokal yang lebih tinggi berarti lebih banyak uang yang beredar di dalam negeri, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.