Sukses

Ilham Habibie Kembali Jadi Ketum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia

Ilham Habibie dilantik bersama Majelis Pengurus Pusat (MPP) ISMI Periode 2023-2028 dan disaksikan oleh ratusan anggota ISMI.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) kembali diketuai oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA. Ilham didapuk lagi sebagai ketua umum dan akan memimpin ISMI hingga 2028.

Ilham Habibie dilantik bersama Majelis Pengurus Pusat (MPP) ISMI Periode 2023-2028 dan disaksikan oleh ratusan anggota ISMI. Pelantikan sendiri berlangsung di Balairung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, 26 Juni 2024.

“ISMI telah mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 yaitu forum tertinggi organisasi yang diadakan setiap 5 tahun sekali pada akhir tahun 2023. Pada Munas ketiga tersebut telah terpilih kembali untuk menjadi Ketua Umum ISMI yaitu Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA,” tulis ISMI dalam siaran pers, dikutip Jumat (28/6/2024).

Dalam pidatonya, Ilham Habibie mengatakan peran usaha kecil menengah (UKM) sangat penting untuk mencapai Indonesia Maju pada tahun 2045. Dia meyakini, program ISMI ke depan selalu mendukung usaha kecil menengah (UKM).

“Yang kita dukung selama ini UKM di bidang agro, properti, dan perdagangan. Kalau ke depannya, lima tahun mendatang kita akan mendorong UKM menjadi IKM,” kata Ilham Habibie saat pelantikan MPP ISMI.

Menurut putra dari mendiang BJ Habibie ini, untuk mencapai tujuan besar mencapai Indonesia Emas di tahun 2045 maka harus memperkuat industri. IKM memiliki peran dalam hal ini. IKM berperan dalam ekosistem industri tersebut.

Ilham percaya, peran industri menjadi kunci Indonesia menjadi negara maju. Ia menyontohkan negara-negara maju, terutama negara maju di Asia. Negara-negara tersebut memiliki karakteristik yang mirip.

“Kita sama-sama sadari di dunia ini sudah banyak negara yang maju. Dan mereka itu punya sifat yang mirip-mirip. Mereka punya engine atau motornya adalah industri. Jadi kalau kita lihat di Asia khususnya kita lihat Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, mereka maju karena industrinya,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Semangat Industrialisasi

Dengan semangat yang sama, Ilham mengajak ISMI untuk terus mendorong semangat industrialisasi, khususnya IKM dengan berbagai program-program yang disiapkan untuk masa 5 tahun kepengurusan ini.

Sebagai informasi, ISMI didirikan oleh empat organisasi massa besar yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU). ISMI memiliki keyakinan untuk selalu membersamai pemerintah untuk mencapai tujuan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Diketahui, ISMI didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan dunia usaha nasional yang kuat dan berdaya saing tinggi demi menciptakan masyarakat yang sejahtera secara materil dan spiritual.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.