Sukses

Dorong Swasembada Pangan, Mentan Amran Maksimalkan Modernisasi Pertanian

Penerapan konsep pertanian modern mampu menekan biaya produksi hingga 50 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman tengah memaksimalkan penggunaan teknologi di bidang pertanian sebagai satu kunci utama dalam mewujudkan swasembada pangan di Indonesia.

Hal itu ia ungkapkan saat menjadi pembicara Executive Course on Strategic Management and Leadership (Cohort) di Gedung Kementrian Pertahanan pada pekan ini.

Amran menjelaskan, penerapan konsep pertanian modern mampu menekan biaya produksi hingga 50 persen. Bahkan, diyakini juga mampu meningkatkan produksi mencapai 100 persen.

"Kami bangun ini pertanian modern. Apa tujuannya? Menekan biaya produksi 50 persen, meningkatkan produksi 100 persen," ujar Amran dalam keterangannya.

Modernisasi pertanian ini pun diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi generasi muda untuk menjadi petani. Nantinya, segala kegiatan bertani mulai dari pemberian pupuk, cocok tanam hingga panen tidak lagi manual sehingga akan menjadi lebih efektif dan efisien.

"Itu bisa (menjadi) tombol sehingga generasi muda mau masuk. Kenapa? Karena menggunakan digitalisasi, literasi digital. Ini kita gunakan, kita bertransformasi," lanjut Amran menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaster Lumbung Pangan

Selain itu, Amran juga berupaya membangun klaster lumbung pangan di setiap provinsi yang menggunakan teknologi setara dengan negara-negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat.

"Nanti kami bikin cluster 10.000 hektar di Jatim, Jateng, Jabar, tidak ada yang menggunakan manual. Jadi transformasi manual menjadi modern. Semua menggunakan teknologi dan sejajar dengan Jepang, Amerika, untuk cluster itu," tutup Amran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini