Sukses

Karya Kreatif Mataraman 2024 Resmi Dibuka, Pj Wali Kota Kediri Beri Apresiasi ke Bank Indonesia

Apa yang sudah dilakukan Bank Indonesia untuk UMKM Kota Kediri bisa memotivasi UMKM lain, agar semangat mengembangkan usahanya sekaligus menambah value dengan digitalisasi.

Liputan6.com, Kediri Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 mengangkat tema Inovasi dan Digitalisasi Untuk Masa Depan Berkelanjutan.dan digelar di dua lokasi yakni Balai Kota Kediri dan Kediri Town Square, selama tiga hari, pada 28-30 Juni 2024. Pj Wali Kota Kediri Zanariah bersama Kepala KPwBI Kota Kediri dan Plh Kepala KPwBI Jawa Timur membuka gelaran tersebut,  Sabtu (29/6). 

"Kami berterima kasih dan apresiasi pada Bank Indonesia khususnya KPwBI Kediri yang senantiasa mendampingi, mengedukasi, dan mengawal perekonomian di Kediri. Salah satunya melalui pemberdayaan UMKM. Banyak UMKM Kota Kediri yang dibina oleh Bank Indonesia, diajak dalam business matching, bisa upgrading class hingga tembus ekspor. Sehingga sepertinya pencapaian tertinggi para UMKM adalah bisa digandeng oleh Bank Indonesia," kata Pj Wali Kota Kediri.

 

Zanariah berharap, apa yang sudah dilakukan Bank Indonesia untuk UMKM Kota Kediri bisa memotivasi UMKM lainnya untuk semangat mengembangkan usahanya, menambah value dengan digitalisasi, agar pasarnya berekspansi lebih luas. Bonusnya bisa berkesempatan kolaborasi dengan Bank Indonesia.

Sementara itu, Kepala KPwBI Kediri Choirur Rofiq menuturkan bahwa Bank Indonesia terus memperkuat program pengembangan UMKM melalui digitalisasi serta perluasan akses pasar domestik dan ekspor. Bank Indonesia juga bersinergi dengan 13 kabupaten/kota dalam mendorong digitalisasi, termasuk akseptasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Plh Kepala KPwBI Provinsi Jawa Timur Bandoe Widiarto juga menambahkan bahwa Karya Kreatif Mataraman merupakan road to Karya Kreatif Indonesia dan Festival Ekonomi Keuangan Digital, versi program nasional yang diturunkan ke daerah dengan berbagai kegiatan. Tujuannya agar Bank Indonesia bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya bisa mendorong pemberdayaan UMKM. 

"Harapannya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan muncul komitmen dari semua pemangku kepentingan terhadap kegiatan yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa," ujarnya.  

 

Setelah  opening ceremony, Pj Wali Kota Kediri beserta semua tamu undangan berkeliling mengunjungi stand-stand para pelaku UMKM baik kerajinan, kuliner, dan lainnya. Selain pameran UMKM, pada Karya Kreatif Mataraman juga menyuguhkan banyak kegiatan menarik seperti fashion show, cooking class, business matching, digital exhibition, bazar pangan murah, digi fun run, talk show digital lifestyle, voice competition, e-sport competition, digital speech contest, lomba cerdas rupiah, lomba jingle CBP rupiah, lomba story telling,  modern dance competition, stand up comedy, latte art competition, dan QRIS bounty hunter.

Dalam acara itu, juga hadir Forkopimda Plus Kota Kediri, Kepala OJK Kediri Ismirani Saputri, Kepala Pengadilan Agama Kota Kediri Muh. Nasikhin, Kepala KPwBI Malang Febrina, Kepala KPwBI Jember Gunawan, serta perwakilan Kabupaten Pacitan, Kota dan Kabupaten Madiun, Kota dan Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini