Sukses

Kaki Prabowo Sukses Dioperasi, Dokter Jenderal Kopassus Spesialis Bedah Ortopedi Jadi Kunci

Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menyatakan operasi cedera kakinya berjalan lancar dan sukses.

Liputan6.com, Jakarta Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menyatakan operasi cedera kakinya berjalan lancar dan sukses.

Dia mengucapkan terima kasihnya atas kerja keras tim medis yang ternyata dipimpin oleh seorang jenderal militer dari satuan Kopassus berbama Brigjen TNI (Purn) Dr. dr. Robert M. Hutauruk, Sp.OT, M.M. FICS.

"Dr.dr. Robert Hutauruk merupakan dokter spesialis orthopedi yang berfokus untuk mendiagnosis dan menangani masalah pada tulang, sendi, tendon, otot, dan saraf akibat cedera atau hal lainnya," tulis siaran pers diterima dari Tim Media Prabowo Subianto, Senin (1/7/2024).

Robert Hutauruk juga merupakan purnawirawan Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ia bertugas di Kopassus pertama kali pada tahun 1985.

Robert diketahui telah bertugas di beberapa rumah sakit, di antaranya, RS Pondok Indah sebagai Dokter Spesialis dan Traumatologi. Ia juga pernah bertugas sebagai Dokter Spesialis Bedah di RS Dustira serta berpraktek di RS Gatot Soebroto, Jakarta.

"Peran Dr. dr. Robert adalah sebagai dokter pelaksana operasi pertama untuk cedera kaki Prabowo," tulis siaran pers.

Di samping itu, ada pula Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) untuk Prabowo yaitu dr. Sunaryo Kusumo, MKes,SpOT(K). Ia saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi Medik Pusat Rehabilitasi Kemhan.

Sebagai informasi, dr. Sunaryo merupakan lulusan Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Universitas Airlangga.

Diketahui, operasi kaki Prabowo dilakukan satu minggu yang lalu di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Rumah sakit tersebut adalah rumah sakit yang baru diresmikan pada Februari lalu oleh Presiden Jokowi dan Prabowo. Rumah sakit itu berada di bawah binaan Kementerian Pertahanan yang direnovasi dan ditambah perlengkapannya oleh Prabowo bersama dengan 25 RS milik TNI lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Siap Kembali Bertugas

Melalui unggahan Prabowo di Instagram pribadinya, @prabowo Minggu (30/6/2024) mengatakan penyebab cederanya karena dua kali kecelakaan terjun payung saat masih aktif bertugas di TNI pada tahun 80an di kaki kiri.

Prabowo mengapresiasi kerja tim dokter yang berhasil menangani pemulihan cedera kakinya. Meski Prabowo menyadari betapa penuh risiko tindakan tersebut.

"Saya sadar dan paham bahwa tindakan medis yang saya jalani penuh dengan risiko dan pertaruhan nyawa. Saya yakinkan diri bahwa semua ini untuk negara dan bangsa. Saya juga yakin tim dokter dan seluruh tenaga medis yang menanganinya pun andal dan profesional," jelas Prabowo Subianto.

"Insyaallah dengan kondisi sehat walafiat ke depan saya semakin siap untuk berbakti dan mengabdi untuk negara dan rakyat Indonesia. Terima kasih kepada seluruh masyarakat atas doa dan dukungannya," ucap Prabowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.