Sukses

Citra Polri Semakin Baik, Jokowi: Pertahankan dan Tingkatkan Komunikasi Publik

Jokowi ingin Polri dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Selain itu, Jokowi mendorong Polri membangun etika dan pelayanan yang berorientasi kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji citra Polri yang emakin baik dan berada di urutan tertinggi kedua, berdasarkan hasil survei. Jokowi pun meminta hal ini terus ditingkatkan dengan membangun komunikasi publik yang baik.

"Saya senang beberapa survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin baik, bahkan menempati urutan tertinggi kedua. Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik," jelas Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Upacara HUT ke-78 Bhayangkara di Monas Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Dia ingin Polri dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Selain itu, Jokowi mendorong Polri membangun etika dan pelayanan yang berorientasi kepada masyarakat.

"Karena tantangan tidaklah semakin mudah, baik dari sisi geopolitik, dari sisi ekonomi, teknologi, iklim. Semuanya semakin rumit dan penuh ketidakpastian," ujarnya.

Jokowi menyampaikan Polri selalu bersentuhan dengan kehidupan mayarakat. Untuk itu, dia mewanti-wanti sebab masyarakat selalu melihat gerak-gerik dan tindak-tanduk Polri.

"Polri memiliki peran sentral di masyarakat, selalu bersentuhan dgn kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak ada liburnya, polri ada dimana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri. Tapi di sisi lain, artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan ini, dia mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja keras dalam menjalankan tugas. Jokowi juga berterima kasih kepada anggota Polri yang menjaga stabiltas dan keamanan Indonesia, khususnya saat Pemilu 2024.

"Terima kasih atas kerja keras, atas pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan, proses demokrasi Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan Indonesia sehingga bangsa kita mampu tetap tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global saat ini," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Minta Polri Jaga Netralitas dan Stabilitas Jelang Pilkada 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Polri mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024. Dia juga mengingatkan Polri agar menjaga netralitas dan stabilitas agar Pilkada 2024 berjalan aman, jujur, serta adil.

"Sebentar lagi kita masuki tahapan Pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan mensukseskan, jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil," jelas Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Upacara HUT ke-78 Bhayangkara di Monas Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Dia mengatakan bahwa Polri memiliki peran sentral. Selain itu, Jokowi menyebut Polri selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga terkadang tak memiliki libur.

"Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan. Tapi di sisi lain artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak gerik dan tindak tanduk Polri," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Polri Gelar Pesta Rakyat Hari Bhayangkara di Monas 1 Juli 2024, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri mengajak seluruh masyarakat untuk menghadiri puncak perayaan Hari ke-78 Bhayangkara yang jatuh pada Senin, 1 Juli 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut akan ada Pesta Rakyat Hari Bhayangkara yang diramaikan sejumlah artis Tanah Air.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, Polri telah menyiapkan booth makanan dan minuman secara gratis dari 150 UMKM. Sebab itu, masyarakat tidak akan sulit untuk mencari makanan dan minuman saat menghadiri acara tersebut.

"Mari datang ke acara Pesta Rakyat dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara di Lapangan Monas pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Acara ini gratis, makanan dan minuman yang disediakan oleh 150 UMKM juga gratis," tutur Trunoyudo kepada wartawan, Minggu (30/6/2024).

Trunoyudo menyebut, sebelum acara hiburan pesta rakyat, akan ada rangkaian acara formal seperti upacara dan parade defile dan pertunjukan marching band Akademi Kepolisian serta terjun payung untuk memperingati HUT ke-78 Bhayangkara.

Rencananya, dalam upacara tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2024, Prabowo Subiyanto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Diharapkan dengan tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas yang diusung dalam memperingati Hari Bhayangkara, Polri semakin dicintai masyarakat. Untuk itu dengan digelarnya pesta rakyat di Lapangan Monas pada Senin besok, Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat," jelas dia.

"Kami imbau masyarakat datang dan mengikuti acara dengan tertib, selamat menikmati acara puncak Pesta Rakyat Hari Bhayangkara besok," tutup Trunoyudo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini