Sukses

Heru Budi Klaim Rutin Beri Sembako Murah 2 Hari Sekali untuk Kurangi Kelaparan di Jakarta

Heru Budi mengatakan, ak hanya sembako murah, inisiatif lain yang juga dilakukan untuk mengatasi kelaparan di Jakarta di antaranya, menerapkan praktik pertanian perkotaan atau urban farming hingga menjaga stok pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya rutin mengelar program sembako murah dua hari sekali sebagai salah satu upaya mengurangi kelaparan di DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Heru Budi di acara International Mayors Forum (IMF) 2024 di Grand Hyatt, Jakarta. Adapun agenda ini melibatkan sekitar 200 delegasi dari 36 negara.

Para delegasi bakal berdiskusi mengenai percepatan implementasi Agenda 2030 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan fokus pada lokalisasi SDGs di kota-kota di seluruh dunia.

"Pemberian sembako murah ini kami rutin bisa hampir setiap dua hari sekali, pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan di berbagai kelurahan," kata Heru melalui siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Menurut Heru, program sembako murah masuk sebagai salah satu rencana aksi daerah yang dirumuskan pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mendorong pencapaian target SDGs di tingkat daerah.

Heru menyebut, pemberian sembako murah juga bertujuan agar warga Jakarta dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau di tengah melambungnya harga pangan di dunia.

"Sekaligus memastikan semua penduduk memiliki akses terhadap makanan yang cukup, aman, dan bergizi," ujar Heru.

Tak hanya sembako murah, inisiatif lain yang juga dilakukan untuk mengatasi kelaparan di antaranya, menerapkan praktik pertanian perkotaan atau urban farming hingga menjaga stok pangan melalui peranan badan usaha milik daerah (BUMD) Food Station Cipinang Jaya.

"Kami berkomitmen mengurangi kelaparan dengan mendorong semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan ketahanan pangan," kata Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Proyek Kali Semongol-Kamal Muara, Heru Budi Bagikan 1.000 Paket Sembako

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau proyek Kali Semongol, Tegal Alur, Jakarta Barat. Selain itu, Heru juga meninjau Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (28/6/2024).

"Untuk meninjau aspek fisik, kami bersama Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Pak Wali Kota dan jajaran meninjau proses pengerukan Kali Semongol dengan kondisi trase yang ada, dan nanti akan dilanjutkan proses sheet pile (dinding penahan untuk memperkuat konstruksi)," kata Heru.

Pada kesempatan tersebut, Heru juga membagikan 1.000 paket sembako untuk warga. Terdiri dari 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, dan 10 bungkus mie instan.

Heru menyatakan, pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan aspek kesejahteraan warga. Selain itu, pihaknya juga hendak menjamin warga dari risiko banjir.

"Kami bersyukur, sinergi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Kami bersyukur warga semakin terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," ucap Heru.

Lebih lanjut, Heru menuturkan sinergi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi juga menghasilkan aspek pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat, berupa hunian dan rumah ibadah.

"Tadi kita juga sudah mengunjungi rumah warga yang telah mendapatkan bantuan rehab rumah atas nama Ibu Suinah (RT 02/04), Ibu Qomariah, dan Bapak Hapidin. Ketiganya berdekatan lokasinya," ucap Heru.

"Lalu kami berjalan kaki kurang lebih 500 meter ke lokasi masjid dan Yayasan Pendidikan Nurul Islam (RW 01). Masjid dan sekolah ini pun mendapat bantuan rehab dari sinergi lintas stakeholder," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Wakil Presiden (Wapres) terpilih di Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Dia mengaku hadir sebagai wali kota Surakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.