Sukses

Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es Rabu Sore, Belum Ada Laporan Kerusakan

Hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Kota Depok disertai dengan fenomena hujan es. Di sejumlah wilayah Depok juga dilaporkan terjadi pohon tumbang akibat angin kencang Rabu sore tadi.

Liputan6.com, Depok - Hujan es disertai angin puting beliung melanda sejumlah wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024) sore. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok pun langsung bersiaga mengantisipasi terjadinya bencana.

Kabid Penanggulangan Bencana DPKP Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, hujan deras disertai angin kencang sudah terjadi sejak pukul 15.30 WIB. Dari pantauan DPKP Kota Depok angin kencang melanda sebagian wilayah Sawangan, Pancoranmas, dan beberapa wilayah lainnya.

“Iya, hujannya disertai angin kencang, hingga kini kami belum menerima laporan adanya musibah dari angin tersebut,” ujar Denny saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (3/7/2024).

Denny menjelaskan, DPKP Kota Depok telah menerima adanya laporan pohon tumbang di wilayah Citayam, Cipayung, dan Cilodong. Selain itu, terdapat fenomena hujan es yang terjadi di wilayah Sawangan, tepatnya di Kelurahan Bedahan.

“Kalau hujan es terjadi di wilayah Bedahan,” jelas Denny.

DPKP Kota Depok telah menyiagakan anggota untuk membantu penanganan atau evakuasi apabila terjadi pohon tumbang dan penanganan banjir.

“Nanti petugas akan bergerak membantu penanganan pohon tumbang,” ucap Denny.

Denny meminta kepada masyarakat maupun pengendara yang sedang melintas, apabila terjadi hujan untuk dapat berteduh di lokasi yang aman.

DPKP Kota Depok juga mengimbau kepada masyarakat maupun pengendara agar tidak berteduh di daerah atau lokasi rawan bencana saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Sebaiknya tidak berteduh di dekat pohon rawan tumbang atau mencari lokasi yang aman, seperti pertokoan,” ucap Denny.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan dampak kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Depok pada Rabu sore tadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Warga

Sementara itu, salah seorang warga Bedahan, Wanda Wijaya mengatakan, fenomena hujan es terjadi saat di daerahnya mengalami hujan deras. Saat hujan turun, sempat terdengar suara reruntuhan dari atap rumah.

“Suaranya kayak kerikil berjatuhan di atas genteng, penasaran saya lihat keluar rumah,” ujar Wanda.

Setelah dilakukan pengecekan, Wanda melihat terdapat butiran es yang berasal dari atap rumahnya. Fenomena hujan es di wilayah Bedahan, bersamaan dengan angin kencang sehingga sempat merasa cemas.

“Iya anginnya kencang juga, pohon dekat rumah bergoyang, takut tumbang mengenai rumah,” kata Wanda.

Wanda menambahkan, hujan es disertai angin kencang yang terjadi di daerah rumahnya berlangsung sekitar satu jam. Wanda bersyukur, di sekitar lokasi rumahnya tidak terjadi musibah pohon tumbang meskipun angin berhembus kencang.

“Alhamdulillah, tidak ada pohon tumbang, khawatir juga karena anginnya kencang juga,” pungas Wanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini