Sukses

Pemkot Depok Optimis Bisa Kurangi Kemacetan, Beberkan Solusinya

Masyarakat Depok akan dimanjakan dengan keberadaan Bus Kita dengan skema buy the service (BTS). Bus yang memiliki tujuan Terminal Terpadu Depok menuju Stasiun lintas raya terpadu (LRT) Harjamukti, diyakini dapat mengurangi kemacetan di Kota Depok.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Depok akan dimanjakan dengan keberadaan Bus Kita dengan skema buy the service (BTS). Bus yang memiliki tujuan Terminal Terpadu Depok menuju Stasiun lintas raya terpadu (LRT) Harjamukti, diyakini dapat mengurangi kemacetan di Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, segera beroperasinya Bus Kita dapat memberikan pelayanan prima dan menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat. Saat menaiki Bus Kita, Idris merasakan kenyamanan saat mencoba bus dari Balai Kota Depok menuju stasiun LRT Harjamukti.

“Ini bisa mengurangi persoalan kemacetan,” ujar Idris, Jumat (5/7/2024).

Pelayanan transportasi Bus Kita diyakini dapat meningkatkan efektivitas masyarakat pada penggunaan transportasi dan perjalanan. Bus Kita akan menaiki dan menurunkan penumpang di sejumlah halte di jalur trayeknya.

“Memang persoalan kemacetan dalam persepsi sebagian para pakar, itu tidak harus dengan melebarkan jalan,” ucap Idris.

Dia menjelaskan, bertambahnya jumlah penduduk di suatu kota, seperti Kota Depok, secara tidak langsung akan terjadi penambahan jumlah kendaraan pribadi, seperti mobil.

Idris tidak melarang masyarakat membeli kendaraan karena hak asasi masyarakat, namun Pemkot Depok mengajak masyarakat memanfaatkan moda transportasi.

“Makanya kita bisa ajarkan masyarakat untuk menggunakan transportasi komersial,” jelas Idris.

 

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Kepercayaan

Untuk meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat, sejumlah fasilitas di Bus Kita telah disesuaikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Kenyamanan kendaraan transportasi menjadi salah satu kunci masyarakat akan menggunakan transportasi tersebut saat berpergian.

“Kesannya tadi saat menggunakan Bus Kita merasa nyaman, pengen tidur, adem, bersih dan merasa nyaman,” terang Idris.

Bus Kita yang akan mengaspal di Kota Depok telah dilengkapi dengan CCTV untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas di dalam bus. Hal itu berkaca dari suatu daerah yang terjadi pencurian di dalam bus, berhasil diungkap dengan adanya CCTV di dalam bus.

“Ada satu kasus kecurian, tidak kurang dari satu jam langsung tertangkap si pencuri karena ada CCTV itu,” kata Idris.

 

3 dari 3 halaman

Kerja Sama Kemenhub

Bus Kita merupakan layanan dari Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Sebelumnya Pemkot Depok sempat meminta bantuan Kemenhub untuk menangani permasalahan kemacetan di Kota Depok.

“Kita akan menerima 15 bus yang diberikan secara bertahap,” tutur Idris. 

Rencananya operasional Bus Kita akan diresmikan rute dan operasionalnya pada pertengah Juli 2024.