Sukses

Peringati 100 Hari Wafatnya Habib Hasan Assegaf, Puluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Nurul Musthofa

Puluhan ribu jamaah dari berbagai wilayah berbondong-bondong hadir memadati area masjid hingga jalan-jalan di kawasan Cilodong, meski sebelum acara digelar sempat diguyur hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan 100 wafatnya ulama kharismatik pimpinan Majlis Nurul Musthofa Habib Hasan bin Ja'far Assegaf sekaligus haul ke-4 Ibunda Al Habib Hasan yaitu almarhumah Syarifah Fatmah Binti Hasan Bin Mukhsin Al Athos digelar di masjid Nurul Musthofa Cilodong, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2024).

Puluhan ribu jamaah dari berbagai wilayah berbondong-bondong hadir memadati area masjid hingga jalan-jalan di kawasan Cilodong, meski sebelum acara digelar sempat diguyur hujan.

Para jamaah nampak khusyuk mengikuti kegiatan tersebut mulai dari ziarah kubur ke makam Habib Hasan dan Umi Fatmah hingga pembacaan yasin tahlil, maulid hingga tausyiah dari para habaib dan juga ulama yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia .

Ketua Rabithah alawiyah Habib Taufiq bin Abdul Qadir bin Husein Assegaf yang hadir dari Pasuruan, dalam tausyiahnya menyebut kehadiran puluhan ribu jamaah di acara ini berkat keikhlasan Habib Hasan dalam berdakwah saat semasa hidupnya.

"Ini adalah sebab ketulusan almarhum keikhlasan almarhum semasa hidupnya saat berdakwah, semoga penerusnya bisa meneruskan almarhum bisa Istiqomah dan meneruskan ikhlasnya dalam berdakwah," kata Habib Taufiq Assegaf Pasuruan.

Sementara Habib Abu Bakar Mauladawilah seorang ulama asal Malang, berharap istiqomah jamaah Nurul Musthofa bukan hanya terhenti pada acara malam ini, namun terus meramaikan dan menghidupkan majlis-majlis ilmu yang telah didirikan oleh habib hasan.

"Saya harap para jamaah tetap beristiqomah di majlis Nurul Musthofa, habib Hasan merupakan seorang yang luar biasa kebaikanya, acara hari ini pun berkah benih yang ia tanamkan dan berkah dari baktinya beliau kepada orang tuanya," ucap Habib Abubakar Mauladdawilah Malang.

2 dari 2 halaman

Istiqomah

Di sisi lain para jamaah yang hadir pun turut senang karena masih dapat beristiqomah hadir di majlis Nurul Musthofa, salah satunya yaitu jamaah asal Singapura yang sengaja jauh-jauh hadir ingin mendoakan langsung almarhum gurunya.

"Saya sangat senang dan bahagia bisa hadir turut serta di Haul Umi dan 100 hari Habib Hasan bersama puluhan ribu jamah. Buat kami jarak bukanlah masalah, karena kami ingin terus beristiqomah di sini," ungkap salah satu jamaah asal Singapura, Muhammad Muqqodis.

Dalam acara ini bukan hanya para ulama yang hadir, namun pihak pemerintah yang diwakili oleh Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana turut hadir dan mendoakan almarhum.

Video Terkini