Sukses

Cuaca Hari Ini Senin 8 Juli 2024: Jakarta Pagi Berawan, Siang Hujan Ringan

Sedangkan, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat langit pagi hingga siang diprediksi cerah berawan, namun hujan dengan intensitas ringan bakal turun di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali hari pekan ini, Senin (8/7/2024), pagi hari di Jakarta sebagian langitnya diprediksi berawan dan cerah berawan. Begitulah prakiraan cuaca yang dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Cuaca hujan ringan diprediksi BMKG bakal guyur seluruh wilayah Jakarta di siang hari, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berawan.

Cuaca Jakarta pada malam hari diprakirakan keseluruhannya bakal berawan, tanpa ada nampak hujan sama sekali.

Sedangkan, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat langit pagi hingga siang diprediksi cerah berawan, namun hujan dengan intensitas ringan bakal turun di malam hari.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi relatif singkat antara siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang," ucap BMKG.

Sementara itu tak jauh berbeda di Kota Tangerang, Banten diprakirakan cerah berawan di pagi hari, siang hujan berintensitas ringan, dan langit malam berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan  Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
2 dari 3 halaman

Penyebab Jakarta Diguyur Hujan Lebat

Beberapa hari terakhir Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan lebat. Padahal saat ini seharusnya telah terhitung masuk dalam musim kemarau yang biasanya terjadi pada kisaran Juli dan Agustus 2024.

Ketua Tim Kerja Produksi dan Diseminasi Informasi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani menjelaskan, fenomena ini terjadi karena pengaruh atmosfer yang membuat periode hujan lebih intens ketika musim kemarau.

“Fenomena hujan signifikan dalam beberapa hari terakhir adanya dinamika atmosfer skala regional yang menang cukup signifikan,” kata Ida saat dihubungi, Sabtu (6/7/2024).

Di samping itu, lanjut Ida, faktor suhu laut yang masih hangat di wilayah Jakarta. Telah memberikan kontribusi dalam menyediakan kondisi untuk mendukung awan hujan signifikan yang turun di Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Fenomena Alam Biasa

Meski begitu, Ida menyebut kalau kondisi ini biasa terjadi karena pengaruh fenomena cuaca global dan regional yang juga dialami di beberapa wilayah pulau Jawa lainnya.

“Namun demikian hujan bisa terjadi di semua musim, baik di musim kemarau, penghujan atau di periode peralihan,” tuturnya.

Kondisi Jakarta yang diguyur hujan, terang Ida, masih kemungkinan terjadi sebagaimana hasil analisis dinamika atmosfer BMKG. Dengan potensi hujan dalam beberapa hari ke depan intensitas lebat, bisa disertai kilat atau petir maupun angin kencang.

“Dengan perubahan di Jakarta, untuk potensi dalam dua hari ke depan BMKG masih memprediksikan adanya potensi hujan lebat yang terjadi,” tuturnya.