Sukses

FKS Group Kembangkan Efisiensi Logistik Modern Melalui FKS Logistics

Efisiensi bongkar muat di Pelabuhan dapat meningkatkan efektivitas proses bongkar muat, serta efisiensi biaya pengiriman secara menyeluruh dibandingkan distribusi menggunakan kargo atau peti kemas konvensional.

Liputan6.com, Jakarta - FKS Group melalui PT Nusa Prima Logistik mengembangkan dan memberikan solusi logistik yang efisien untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Transportasi laut menjadi solusi logistik yang sangat vital mendukung perkembangan ekonomi Indonesia.

Chief Executive Officer PT FKS Multi Agro, Agung Cahyadi Kusumo mengatakan, efisiensi bongkar muat di Pelabuhan dapat meningkatkan efektivitas proses bongkar muat, serta efisiensi biaya pengiriman secara menyeluruh dibandingkan distribusi menggunakan kargo atau peti kemas konvensional. Hal itu menjadi kunci pengembangan lokal ekonomi maupun industri lokal.

“Bisnis kepelabuhanan curah kering yang dikelola FKS Multi Agro menggunakan teknologi modern, manajemen bongkar muat dan integrasi pergudangan di pelabuhan menjadi lebih efektif,” ujar Agung, Jumat (12/7/2024).

Agung menjelaskan, terdapat tiga pelabuhan curah kering dan anak usaha yang dikelola oleh FKS Multi Agro, seperti Nusa Prima Logistik yang berlokasi di Teluk Lamong Surabaya, Sentral Gudang Terminal 2 Cilegon Banten, dan Sentral Gudang Terminal 3 Medan. Nusa Prima Logistik menjadi pelopor, perusahaan yang pertama kali bekerjasama dengan operator pelabuhan membangun dan mengoperasikan infrastruktur.

“Kami terintegrasi dan modern untuk pembongkaran kargo curah kering pangan dan pakan yang terletak di Teluk Lamong, Surabaya,” jelas Agung.

Sementara, Chief Operating Officer FKS Logistics Welly Swandana menuturkan, fasilitas penanganan kargo pada FKS Logistics dilengkapi dengan sistem konveyor canggih dan berstandar food grade. Adapun kecepatan pembongkaran mencapai 30.000 metrik ton (MT) per hari.

“Didukung gudang transit dengan kapasitas penyimpanan sebesar 200.000 MT, terdiri dari 10 unit silo dengan kapasitas 80.000 MT dan dua unit flat storage dengan kapasitas 120.000 MT yang mampu melayani throughput kargo hingga 5.000.000 MT per tahun,” tutur Welly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gudang Transit Modern

Nusa Prima Logistics merupakan gudang transit modern, ramah lingkungan dan terintegrasi yang didirikan konsorsium tiga perusahaan, yakni PT FKS Multi Agro Tbk., PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk., dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Perusahaan tersebut pada 2014 dan mulai beroperasi pada 2017.

“Nusa Prima Logistics hadir sebagai pemain utama dalam pembongkaran dan penanganan kargo curah kering pangan dan pakan. Basis pelanggan Nusa Prima Logistik merupakan seluruh perusahaan terkemuka di industri pangan dan pakan di wilayah Jawa Timur, diantaranya Daesang Ingredient Indonesia,” kata Welly.

Welly mengungkapkan, Nusa Prima Logistics telah menjadi salah satu gerbang utama masuknya bahan baku pangan dan pakan di Indonesia dan secara signifikan berkontribusi pada pertumbuhan industri logistik di Indonesia. Pengurangan biaya logistik dan meningkatkan efisiensi, membantu menstabilkan harga pasar, mendukung program ketahanan pangan, dan meningkatkan daya saing sektor logistik di Indonesia.

“Misi kami adalah menyediakan solusi logistik yang modern dan terintegrasi dari pelabuhan sampai ke pintu gudang pelanggan, meliputi logistik kepelabuhanan, pergudangan, transportasi, dan distribusi.

Kehadiran Nusa Prima Logistics untuk memberikan solusi yang bertujuan meminimalkan waktu tunggu proses bongkar di pelabuhan, mengoptimalkan kecepatan proses bongkar, menjaga kualitas penyimpanan, dan memastikan ketepatan waktu pengiriman ke gudang pelanggan. Nusa Prima Logistics berdedikasi menyediakan solusi logistik yang handal dan hemat biaya.

“Hal ini mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta menjadikan logistik di Indonesia bukan hanya kebutuhan tetapi juga keunggulan strategis,” pungkas Welly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini