Sukses

1.000 Warga Kaltim Diundang Hadiri HUT ke-79 RI di IKN

Hingga saat ini Pemprov Kaltim terus berupaya mempersiapkan kesuksesan penyelenggaraan HUT RI untuk pertama kali di luar Jakarta itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak seribu warga Kalimantan Timur (Kaltim) bakal mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Seribu orang sebagai representasi warga dan elemen masyarakat Kalimantan Timur bisa terwakili, dan kita serahkan kepada Kesbangpol Kaltim untuk mengakomodir,” kata Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Sabtu (13/7/2023). 

Sri Wahyuni menjelaskan hingga saat ini Pemprov Kaltim terus berupaya mempersiapkan kesuksesan penyelenggaraan detik- detik proklamasi untuk pertama kali di luar Jakarta itu.

Untuk itu, Kesbangpol diminta mengundang pimpinan ormas, difabel, tokoh agama, pemuda, wanita dan tokoh atau pemuka adat.Termasuk Dinas Kominfo mengundang pimpinan media.

Sementara untuk transportasi, Sekda Sri meminta Dishub Kaltim berkoordinasi dengan Polda Kaltim, terkait ketersediaan bus.

“Diinformasikan Kemenhub akan menyediakan 97 bus untuk rombongan VIP,” sebutnya dikutip dari Antara.

Guna memeriahkan dan menyemarakkan peringatan proklamasi kemerdekaan RI, maka umbul-umbul dan baliho di sepanjang jalan sebagai penyambutan bendera pusaka di Bandara Sepinggan sampai Sepaku.

“Umbul-umbul dan baliho dipersiapkan (dipasang) sejak awal Agustus,” pintanya.

Untuk pemantapan pelaksanaan hingga pengamanan di hari H upacara HUT RI, maka akan dilakukan rapat lanjutan dengan Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim dan Setpres atau Setneg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HUT di IKN Hiburannya di Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI bakal berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. 

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini menyebut pada HUT ke-79 RI akan ada dua kegiatan baik di IKN maupun di Istana Jakarta.

"Saya selaku panitia ya, jadi gini kegiatan 17 Agustus di dua titik lokasi, di Jakarta, di Istana Jakarta juga ada kegiatan, di Istana IKN juga (ada) kegiatan," kata Heru kepara wartawan di Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2024.

Menurut Heru kegiatan HUT ke-79 RI akan dibagi dua karena adanya sarana dan prasarana yang terbatas di IKN.  Adapun, upacaranya bakal digelar di IKN, sementara acara hiburan akan dihelat di Jakarta. 

"Apa kegiatannya? Di Istana IKN itu adalah kegiatan TUM (Tata Upacara Militer) di sana," kata Heru.

"Karena keterbatasan sarana prasarana yang ada, 17 Agustus seperti tahun lalu pergerakan pasukan dan pergerakan yang memberikan hiburan itu kan 5.000 sampai dengan 10.000 orang, maka kegiatan hiburan yang ada di Jakarta jadi dua titik," sambungnya. 

 

3 dari 3 halaman

Difasilitasi Pemprov Jakarta

Heru bilang, upacara HUT ke-79 RI di Istana Jakarta juga akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Rangkaian acara, kata Heru akan dimulai pada 10 Agustus 2024.

"Pemprov DKI memfasilitasi kebutuhan kegiatan upacara di Jakarta dan banyak rangkaian nanti. Mulai tanggal 10 Agustus dan seterusnya Pemda akan memfasilitasi semua yang dibutuhkan pada acara 17 Agustus," ucapnya.

Meski Keputusan Presiden (Keppres) soal pemindahan ibu kota ke IKN belum dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, Heru menyampaikan tak ada aturan yang melarang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI di IKN.

"Aturan undang-undang mengatakan 17 Agustus boleh diadakan upacara sesuai perintah Bapak Presiden. Jadi 17 Agustus di IKN juga tak ada masalah toh kita melakukan dua tempat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini