Sukses

Top 3 News: Tujuh Fakta Terkait Insiden Penembakan Donald Trump Saat Kampanye Pilpres AS

Mantan Presiden Donald Trump dilarikan ke luar panggung pada Sabtu 13 Juli 2024 setelah ditembak pada saat kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat (kampanye Pilpres AS) di Butler, Pennsylvania, AS. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Donald Trump dilarikan ke luar panggung pada Sabtu, 13 Juli 2024, setelah ditembak pada saat kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat (kampanye Pilpres AS) di Butler, Pennsylvania, AS. Itulah top 3 news hari ini.

Secret Service seperti dilansir CBS News, Minggu, 14 Juli 2024, menuturkan bahwa Donald Trump sekarang aman dan tim kampanyenya mengatakan dia sedang diperiksa di rumah sakit setempat.

Dikutip dari laman ABC News, Minggu, 14 Juli 2024, Trump terlihat berlumuran darah di wajahnya dan dievakuasi dari panggung ke tempat yang aman. Jaksa wilayah Butler County mengonfirmasi kepada KDKA-TV CBS Pittsburgh bahwa dua orang tewas dalam peristiwa penembakan ini, yakni pria bersenjata dan seorang penonton.

Sementara itu, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla alias JK mengaku terkejut atas insiden penembakan terhadap calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat berkampanye di Pennsylvania.

Selain prihatin, JK turut menyampaikan rasa syukur lantaran Trump masih selamat dan hanya terkena di bagian telinga. Menurut JK, peristiwa penembakan tersebut menjadi peringatan keras bagi Amerika Serikat. Pasalnya, di negara adidaya tersebut kekerasan masih tetap berjalan.

JK sendiri enggan berspekulasi alasan dari insiden penembakan terhadap Donald Trump. Terlebih, pelaku penembakan telah ditembak mati oleh petugas keamanan AS.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberi pembekalan kepada 906 calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2024 di Jakarta, Jumat, 12 Juli 2024.

Presiden terpilih 2024-2029 ini lalu menyatakan, keamanan dan perlindungan masyarakat Indonesia adalah hal utama. Bahkan menurutnya, pembangunan infrastruktur menjadi tidak ada artinya jika rakyat dalam situasi terancam.

Menanggapi hal itu, Anggota Gugus Tugas Sinkronisasi Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi memastikan pernyataan itu bukan sebuah kontradiksi dari pembangunan di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Dia juga memastikan pernyataan itu juga bukan bentuk penyesalan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 14 Juli 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tujuh Fakta Terkait Insiden Penembakan Donald Trump Saat Kampanye Pilpres AS

Mantan Presiden Donald Trump dilarikan ke luar panggung pada Sabtu 13 Juli 2024 setelah ditembak pada saat kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat (kampanye Pilpres AS) di Butler, Pennsylvania, AS.

Secret Service seperti dilansir CBS News, Minggu, 14 Juli 2024 menuturkan bahwa Donald Trump sekarang aman dan tim kampanyenya mengatakan dia sedang diperiksa di rumah sakit setempat.

Dikutip dari laman ABC News, Minggu, 14 Juli 2024, Trump terlihat berlumuran darah di wajahnya, dan dievakuasi dari panggung ke tempat yang aman.

Associated Press melaporkan bahwa penembak tidak berada di dalam lokasi kampanye umum tersebut. Reporter ABC Mark Willacy melaporkan sistem keamanan yang ada di lokasi acara.

"Saya tidak melihat senjata yang digunakan oleh pendukung dalam kampanye. Yang saya lihat hanya senjata yang dimiliki anggota kepolisian Amerika Serikat. Apa yang saya lihat saat di kampanye sangat ketat," kata Mark.

Jaksa wilayah Butler County mengonfirmasi kepada KDKA-TV CBS Pittsburgh bahwa dua orang tewas dalam peristiwa ini, yakni pria bersenjata dan seorang penonton.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jusuf Kalla Sebut Insiden Penembakan Donald Trump Peringatan Keras Bagi AS

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla alias JK mengaku terkejut atas insiden penembakan terhadap calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat berkampanye di Pennsylvania.

"Pertama tentu kita terkejut, bahwa di Amerika sendiri rakyatnya juga menembak calon presidennya Donald Trump," tutur Jusuf Kalla di kediamannya, Jakarta, Minggu 14 Juli 2024.

Selain prihatin, JK turut menyampaikan rasa syukur lantaran Trump masih selamat dan hanya terkena di bagian telinga.

"Kita juga mendoakan agar Trump selamat," jelas dia.

Menurut JK, peristiwa penembakan tersebut menjadi peringatan keras bagi Amerika Serikat. Pasalnya, di negara adidaya tersebut kekerasan masih tetap berjalan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tim Sinkronisasi: Prabowo Sedang Beri Arahan, Bukan Sampaikan Penyesalan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberi pembekalan kepada 906 calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri 2024 di Jakarta, Jumat, 12 Juli 2024.

Presiden terpilih 2024-2029 ini lalu menyatakan, keamanan dan perlindungan masyarakat Indonesia adalah hal utama. Bahkan menurutnya, pembangunan infrastruktur menjadi tidak ada artinya, jika rakyat dalam situasi terancam.

"Untuk apa kita bangun gedung-gedung, untuk apa kita bangun pelabuhan? Bandara, untuk apa kita bangun kereta api? Untuk apa kita bangun jalan raya? Untuk apa kita bangun waduk, kalau negara ini tidak utuh, tidak aman, tidak terlindungi," kata Prabowo.

Menanggapi hal itu, Anggota Gugus Tugas Sinkronisasi Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi memastikan pernyataan itu bukan sebuah kontradiksi dari pembangunan di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Dia juga memastikan pernyataan itu juga bukan bentuk penyesalan.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.