Sukses

Jokowi-Prabowo Senantiasa Akrab, Pengamat: Transisi Mulus, Tak Gaduh

Ia menilai proses transisi yang berjalan damai, tertib dan aman juga menunjukkan bahwa beberapa upaya memecah belah Jokowi dan Prabowo adalah angan-angan belaka.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai senantiasa akrabnya Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden RI Joko Widodo sebagai tanda transisi pemerintahan yang berjalan mulus.

"Kita bangga sebagai anak bangsa, sebagai bagian dari NKRI bahwa transisi mulus, smooth," kata Ujang, Selasa (16/7).

Ia menilai proses transisi yang berjalan damai, tertib dan aman juga menunjukkan bahwa beberapa upaya memecah belah Jokowi dan Prabowo adalah angan-angan belaka. Ujang berpendapat keduanya hanya fokus pada kepentingan negara.

"Tidak terjadi gejolak, tidak terjadi konflik tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," turut Ujang.

"Usaha memisahkan Prabowo dan Jokowi tidak berhasil, tentu kita berbicara kepentingan yang lebih besar yaitu kepentingan bangsa dan negara Indonesia," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transisi Mulus

Lebih dari itu, Ujang juga berpendapat harmonisnya hubungan Jokowi dan Prabowo, termasuk dalam konteks transisi pemerintah sebagai contoh baik karena elite atau unsur pimpinan negara tak gaduh.

Ia pun menyebut hal ini menjadi salah satu bukti kedewasaan masyarakat Indonesia dalam berdemokrasi. "Kita sungguh salut kepada elite, salut juga kepada rakyat Indonesia yang sudah dewasa," jelasnya.

"Bahwa sejatinya ketika Prabowo-Gibran telah dilantik, mari kita jaga bangsa ini agar berjalan aman, damai, tertib, agar Prabowo-Gibran bisa merealisasikan janji-janjinya dengan baik," terang Ujang.

Dalam agenda tersebut, Prabowo dan Ma'ruf Amin mendampingi Jokowi memimpin upacara sekaligus melantik 906 calon perwira remaja (capaja) menjadi perwira TNI-Polri. Momen keakraban ketiganya tertangkap jelas saat sesi foto bersama para perwira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini