Sukses

Lawatan ke UEA, Jokowi Berterima Kasih ke MBZ Sudah Terima Kunjungan Prabowo dan Gibran

Jokowi berharap, kunjungan Prabowo-Gibran beberapa waktu lalu bisa semakin memperkuat hubungan Indonesia dengan UEA.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau Pangeran MBZ di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan,  Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Pangeran MBZ karena telah menerima kunjungan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Mei lalu.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan Yang Mulia untuk kunjungan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Indonesia pada Mei yang lalu," kata Jokowi saat bertemu dengan MBZ di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, UEA, Rabu.

Lebih lanjut, Jokowi berharap pertemuan tersebut semakin memperkuat hubungan Indonesia dengan UEA. Presiden Jokowi yakin kerja sama Indonesia dan UEA akan terus terjalin dengan baik.

"Saya berharap kerja sama Indonesia dan UEA terus terjalin dan semakin erat ke depan," ucap dia.

Kunjungan Prabowo-Gibran ke UEA

Sebagai informasi, Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menemui Presiden UEA Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shati, Abu Dhabi, Senin (14/5/2024).

Dalam pertemuan itu Prabowo dan Gibran kompak menggunakan setelan jas hitam.

"Yang Mulia, perkenalkan ini wakil presiden saya," kata Prabowo kepada MBZ, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MBZ Beri Selamat ke Prabowo dan Gibran

Dalam pertemuan itu, MBZ kembali menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo dan Gibran atas kemenangan dalam pemilihan presiden.

MBZ menyampaikan harapan terbaiknya atas keberhasilan ini dan mendoakan Prabowo-Gibran bisa memimpin bangsa Indonesia ke depan lebih baik dan dapat memenuhi aspirasi rakyat.

Lebih lanjut, kedua pemimpin pun membahas hubungan kerja sama. MBZ menekankan ketertarikannya untuk memanfaatkan hubungan strategis yang kuat antara UEA dan Indonesia. Dia ingin memperdalam kerja sama dan mendorong pembangunan serta kesejahteraan bersama.

Sementara itu, dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo dan MBZ membahas hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan dan militer, serta cara-cara untuk meningkatkannya demi kepentingan kedua negara.

Mereka juga bertukar pandangan mengenai sejumlah isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Dapat Penghargaan Sipil Tertinggi dari MBZ

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024). Dalam kesempatan itu, Jokowi menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed.

Para pemimpin dunia termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto juga telah menerima penghargaan Order of Zayed.

Adapun kedatangan Jokowi di Qasr Al Watan disambut upacara kenegaraan. Saat tiba di gerbang Qasr Al Watan, rangkaian kendaraan Jokowi melewati pasukan berkuda dan berunta, pemusik tradisional, dengan diiringi dentuman meriam 21 kali.

Setibanya di depan pintu masuk Qasr Al Watan, Jokowi langsung disambut oleh Presiden MBZ. Keduanya bersalaman kemudian berfoto bersama.

Presiden MBZ dan Jokowi kemudian berjalan melewati jajaran pasukan kerajaan dan pasukan musik tradisional "Al Ayyala". Tampak sejumlah anak kecil turut menyambut kedua pemimpin.

Setelah itu, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan. Kedua pemimpin tampak berdiri diapit bendera Indonesia dan UEA. Di hadapannya berbaris pasukan angkatan bersenjata UEA dari tiga matra.

Jokowi dan Presiden MBZ kemudian menerima laporan komandan upacara untuk kemudian melakukan inspeksi pasukan. Kedua pemimpin kemudian memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

 

4 dari 4 halaman

Teken MoU di Bidang Energi hingga Pariwisata

Dari Indonesia hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis.

Kedua pemimpin kemudian melakukan pertemuan bilateral bersama delegasi masing-masing. Presiden MBZ menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu Jokowi yang disebutnya sebagai saudara.

"Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates. Saya berterima kasih atas kunjungan yang murah hati ini, yang merupakan puncak dari perjalanan panjang hubungan yang bermanfaat dan erat antara kita dan kerja sama dan tulus demi kepentingan PEA, Indonesia, dan rakyatnya," ujar Presiden MBZ, dikutip dari siaran pers, Rabu.

Presiden Jokowi pun berterima kasih atas sambutan hangat Presiden MBZ tersebut.

"Terima kasih atas sambutan hangat Yang Mulia. Saya sangat hargai persaudaraan dan kerja sama erat kita selama 10 tahun ini," kata Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut juga dibacakan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain energi, pariwisata, hingga keuangan. Upacara penyambutan kenegaraan ditutup dengan santap siang oleh Presiden MBZ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini