Sukses

Jokowi Ingin Piala Presiden Berlanjut di Pemerintahan Prabowo

Menurut Jokowi, Piala Presiden sangat baik digelar karena dapat menjadi ajang pemanasan bagi para atlet sebelum bertanding di Liga 1. Kata dia, semakin banyak kompetisi sepak bola, maka akan semakin baik untuk tim dan atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan langsung laga pembuka turnamen sepak bola, Piala Presiden 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024). Jokowi berharap ajang Piala Presiden dapat berlanjut di pemerintahan Prabowo Subianto.

"Ya kalau ada keberlanjutan akan lebih baik," kata Jokowi di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Menurut dia, Piala Presiden sangat baik digelar karena dapat menjadi ajang pemanasan bagi para atlet sebelum bertanding di Liga 1. Jokowi menyampaikan semakin banyak kompetisi sepak bola, maka akan semakin baik untuk tim dan atlet.

"Semakin banyak kompetisi semakin baik. Ada kompetisi di Liga, Liga 1, Liga 2, ada kompetisi di SSB (sekolah sepak bola), ada kompetisi amatir, ada kompetisi di FIFA, kompetisi AFC, kompetisi AFF," tuturnya.

"Semakin banyak ikut kompetisi semakin baik untuk sebuah tim, dan sekarang saya melihat semua berjalan dengan baik. Ditambah lagi plus Piala Presiden, semakin banyak kompetisi semakin baik," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, Piala Presiden 2024 menandai kali keenam pelaksanaan kompetisi sejak pertama bergulir pada 2015. Ajang edisi ini sekaligus menjadi yang terakhir diselenggarakan di bawah era pemerintahan Presiden Jokowi.

Adapun Piala Presiden semula dijadikan turnamen sepak bola pengganti Liga Super Indonesia usai PSSI dijatuhi sanksi FIFA pada Mei 2015 akibat masalah dualisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Ajang Pramusim

Pada perkembangannya, Piala Presiden bertransformasi menjadi ajang pramusim. Turnamen tersebut lantas rutin digelar, dengan Arema FC menjadi tim tersukses lantaran mampu mendulang 5 trofi sejauh ini.

Pembukaan Piala Presiden 2024 diwarnai dengan nuansa tradisional khas Indonesia. Diawali lagu Indonesia Raya, tarian kreasi yang mengandung unsur kebudayaan lantas ditampilkan di tengah lapangan Stadion Si Jalak Harupat sebagai bagian dari rangkaian pembukaan.

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden Maruarar Sirait menyambut antusias kehadiran Presiden Jokowi di acara pembukaan Piala Presiden 2024.

 

3 dari 3 halaman

Tanpa Sokongan APBN dan BUMN

Melaui sambutannya, dia juga melaporkan kinerja panitia selama persiapan penyelenggaraan Piala Presiden 2024 yang digelar di 3 kota.

Meski tanpa sokongan APBN, APBD, dan BUMN, kompetisi tersebut berhasil mengumpulkan sponsor dengan nilai mencapai Rp68 miliar.

"Ini adalah piala presiden yang keenam. Kami berterima kasih kepada Bapak dan Ibu Negara yang berkenan membuka pertandingan Piala Presiden hari ini," ucap Maruarar Sirait dalam sambutan pembuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (19/7/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.