Sukses

Penjelasan Manajemen Pastikan Roti Aoka Tak Gunakan Bahan Pengawet Kosmetik

PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) menegaskan produk roti mereka yaitu Aoka, tidak mengandung bahan pengawet kosmetik untuk mengawetkan rotinya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) menegaskan produk roti mereka yaitu Aoka, tidak mengandung bahan pengawet kosmetik untuk mengawetkan rotinya.

Manajemen PT IBF diwakili Head Legal Kemas Ahmad Yani menegaskan, produk roti Aoka telah melewati pengujian oleh Badan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan telah mendapatkan izin edar untuk seluruh variannya sebagaimana tercantum dalam kemasan produk.

"Seluruh produk roti Aoka tidak mengandung sodium dehydroacetate dan masa kedaluwarsa bukan enam bulan," ujar Kemas melalui keterangan tertulis, melansir Antara, Sabtu (20/7/2024).

Dia menilai, tuduhan penggunaan sodium dehydroacetate yang merupakan pengawet kosmetik dan tengah ramai kabarnya, berdasarkan hasil uji laboratorium PT SGS Indonesia.

"Namun, dalam surat nomor 001/SGS-LGL/VII/2024 tertanggal 15 Juli 2024 dari PT SGS Indonesia kepada PT IBF, PT SGS Indonesia memberikan klarifikasi tertulis kepada PT IBF bahwa PT SGS secara tegas membantah dan menyatakan informasi tersebut bukan berasal dari pihak PT SGS indonesia," papar Kemas.

Isu tersebut, lanjut dia, mengakibatkan kegaduhan dan kerugian ekonomis bagi PT IBF dan distributor sebagai mitra kerjanya. Kemas menduga berita ini sengaja dibuat oleh beberapa pihak karena ada upaya menjatuhkan produk roti Aoka dengan cara persaingan yang tidak sehat.

"Untuk itu, PT IBF telah melakukan investigasi secara intensif terhadap penyebaran informasi menyesatkan ini yang diduga dilakukan oleh beberapa pihak tertentu," ucap dia.

"PT Indonesia Bakery Family selaku produsen roti Aoka merupakan produsen makanan yang sangat memperhatikan kualitas bahan baku termasuk aspek kesehatan bagi konsumen. Aoka diproduksi dari bahan berkualitas, diproses secara higienis dan aman bagi kesehatan," jelas Kemas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya dengan 1 Alat, Ini Trik Simpan Roti Agar Terhindar dari Jamur

Sebelumnya, selain menyehatkan, roti tawar juga sangat lezat jika dipanggang dengan telur dan daging, maupun dicampur dengan selai dan meses.

Roti tawar sangat mudah ditemukan di supermarket dengan harga yang terjangkau. Belum lagi roti juga tidak terlalu berat untuk disantap sehingga cocok dijadikan sarapan pagi.

Namun roti tawar memiliki satu kelemahan yang sangat signifikan. Jika dilihat pada bungkusan roti tawar merk apa pun, pasti memiliki masa kadaluarsa yang sangat singkat.

Meski begitu, hal itu bisa diakali jika roti disimpan dengan tepat seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Sajian Sedap.

Cara-cara yang dibagikan sangatlah praktis, yang akan dirangkum pada Rabu 10 Juli 2024 berikut ini:

- Bungkus dengan Kertas

Cara pertama, siapkan roti tawar yang ingin disimpan dengan ditumpuk tegak. Bungkus roti menggunakan kertas dengan cara dilipat dari kedua sisi. Kertas sendiri dinilai lebih efektif dalam menjaga kelembaban roti dibanding plastik.

- Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Cara lain agar roti tetap awet sampai berbulan-bulan adalah dengan disimpan di wadah kedap udara. Dengan cara ini, roti akan terbebas dari paparan udara yang dapat membuat roti cepat berjamur.

 

3 dari 3 halaman

Cara Selanjutnya

- Jangan Simpan di Kulkas

Kulkas sendiri memiliki suhu yang tidak terlalu dingin, terutama kulkas jenis lama. Jika roti didinginkan secara setengah-setengah seperti ini, hanya akan memicu pertumbuhan jamur pada roti tawar.

- Masukkan ke Freezer

Cara yang paling aman untuk dilakukan agar roti tetap awet berbulan-bulan adalah dimasukkan ke dalam freezer. Namun sebelum itu, roti harus disimpan dulu dengan plastik zipper, kertas bungkus atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke freezer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.