Sukses

Jokowi dan Kaesang Akan Hadiri Munas Relawan AAJ di Karanganyar Sabtu 27 Juli 2024

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional (Munas) 1 Relawan Alap-Alap Jokowi (AAJ) di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional (Munas) 1 Relawan Alap-Alap Jokowi (AAJ) di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu, 27 Juli 2024. Munas tersebut akan diikuti sekitar 2.000 peserta.

"Kami memikirkan sejak sebelum Pilpres 2024 lalu. Supaya ada keberlanjutan. Alhamdulillah Bapak Presiden berkenan hadir dan berkenan membuka Munas 1 AAJ ini," kata Ketua Umum AAJ sekaligus penanggung jawab gelaran Munas, Muhammad Isnaini dikutip dari siaran pers, Selasa (23/7/2024).

Munas akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Selain agenda internal untuk pemilihan pengurus, panitia juga menghadirkan tiga pemateri untuk memberikan wawasan kebangsaan.

Isnaini menegaskan Munas tersebut akan dimanfaatkan untuk mengelola jaringan relawan dengan meletakkan Ideologi Jokowisme. Dia tidak ingin relawan hanya menjadi pasukan hore tatkala ada pesta demokrasi.

"Tetapi mereka adalah bagian anak-anak bangsa yang mestinya menjadi motor penggerak masyarakat ikut berdaya dalam membangun bangsa tanpa harus menunggu momen Pilpres atau Pilkada. Inilah yang secara sistematis akan kami bangun. Mudah-mudahan sesuai harapan," ujarnya.

Menurut dia, munas menjadi momen untuk mulai melakukan pergerakan riil di masyarakat. Isnaini menyebut relawan AAJ nantinya akan berfokus di pedesaan.

"Bagaimana bisa mewujudkan satu tatanan desa berdaya dan mandiri serta mampu mengikuti arus perkembangan. Tidak lagi menjadi desa urban. Potensi desa menjadi modal kearifan lokal untuk mengembangkan diri beriringan dengan berkembangnya era digitalisasi," tutur Isnaini.

"Dalam bentuk yang simpel, seluruh posko Relawan AAJ nanti akan kami kembangkan menjadi Posko Literasi Desa, syukur-syukur bisa menjadi Pusat Literasi Desa," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaesang Akan Sampaikan Pidato Politik

Isnaini menyampaikan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sekaligus putra bungsu Jokowi akan hadir pada Munas Relawan AAJ, Sabtu. Kaesang akan menyampaikan pidato politik di depan relawan Jokowi.

"Kenapa Mas Kaesang, nanti akan ada lagi penjelasan lanjutan. Kami berharap bahwa kehadiran Bapak Presiden akan melecut spirit kami dalam membangun AAJ pada rel yang benar. Rel ideologis akan menjadi landasan semangat dalam kerja-kerja lapangan kami. Tentu ini butuh kerja manajemen yang dikelola dengan matrikulasi sistemik dan transparan," ucap Isnaini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.