Sukses

Surya Paloh hingga Sufmi Dasco Ahmad Hadiri Puncak Perayaan Harlah PKB ke-26

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hadir di puncak perayaan hari lahir (harlah) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hadir di puncak perayaan hari lahir (harlah) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024).

Berdasarkan pantauan, Surya Paloh tiba di lokasi sekira pukul 19.32 WIB. Selain itu, dari Partai NasDem juga hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim.

Selain Surya Paloh, juga tampak Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya yang datang bersama politikus Partai Demokrat lainnya, Herman Khaeron.

Kemudian, terlihat hadir Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Politkus Partai Golkar sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga turut hadir.

Harlah PKB ke-26 juga diramaikan dengan kehadiran Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ratu Isyana Bagoes Oka.

Selain itu, juga terlihat Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Pejabat (Pj) Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Fachri Bachmid, Ketua Harian Perindo Angela Tanoesoedibjo.

Hadir pula Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, serta Sekjen Partai Gelora Mahfudz Siddiq.

Sementara itu, politikus PDI Perjuangan (PDIP) belum tampak hadir di lokasi harlah PKB ke-26. Namun, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah diinformasikan dalam perjalanan menuju lokasi Harlah PKB ke-26 berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Tidak Undang Anies Baswedan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar peringatan hari lahir (harlah) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024). PKB mengundang semua ketua umum partai politik (parpol).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengatakan, partainya tidak mengundang Anies Baswedan di puncak harlah PKB ke-26 yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024). Menurut Huda, PKB hanya mengundang semua ketua umum partai politik.

"Enggak (undang Anies), kebetulan kita hanya mengundang ketua-ketua umum. Kita tunggu saja (siapa yang akan hadir), yang jelas banyak ketua umum yang akan hadir," kata Huda.

Ketua Harlah ke-26 PKB Cucun Syamsurijal memastikan Presiden Jokowi tidak datang ke puncak harlah PKB ke-26. Jokowi berhalangan hadir karena ada agenda lain.

Begitu pula dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Menurut Cucun, Prabowo tengah melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kita komunikasi sudah disampaikan dari awal, cuma beliau-beliau kan sudah terjadwal ya. Pak prabowo ke luar negeri, Pak Jokowi agendanya sudah penuh Hari Anak Nasional," ujar Cucun.

Selain Prabowo, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga berhalangan hadir ke harlah PKB ke-26. Politikus yang akrab disapa Zulhas itu tengah mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Papua.

"Saya kira sampai hari ini yang baru nyatakan untuk tidak hadir baru satu, karena alasan ikuti rombongan Pak Presiden, namanya Zulhas. Itu beliau meminta maaf," ucap Cucun.

Meski begitu, Cucun menyebut Zulhas telah menyampaikan testimoni lewat rekaman video yang dikirimkan ke DPP PKB.

Selain mengundang seluruh ketua umum parpol, PKB juga mengundang jajaran sekretaris jenderal parpol, hingga ketua fraksi partai politik yang ada di DPR RI. Harlah diharapkan menjadi momentum silahturahmi pasca Pemilu 2024.

 

3 dari 3 halaman

PKB Evaluasi Pelaksanaan Pemilu hingga Pilkada di Mukernas 2024

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengatakan, dalam mukernas bakal dibahas berbagai isu strategis. Mulai dari isu politik hingga evaluasi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Mukernas akan membahas isu-isu yang sampai hari ini dirasa membutuhkan solusi dari pemerintah, termasuk isu-isu politik yang lain dari evaluasi pelaksanaan pemilu, pilpres dan pemilu legislatif 14 Februari yang lalu," kata Huda.

Meski begitu, menurut Huda, mukernas belum akan membahas terkait sikap PKB di pemerintahan ke depan. PKB, kata dia, bakal fokus kepada pembahasan transisi pemerintahan ke depan.

"Kalau yang soal itu (sikap PKB di pemerintahan) kan sudah (disampaikan) waktu Pak Prabowo hadir di DPP. Jadi forum mukernas hari ini lebih kepada kita ingin sampai menuju pemerintahan baru," kata Huda.

Menurut Huda, sejauh ini ekonomi Indonesia masih berjalan dengan baik. Selain itu, dia menilai kesejahteraan rakyat juga masih terus terjaga sampai nanti peralihan pemerintahan baru dari Jokowi ke Prabowo Subianto.

Dalam Mukernas PKB juga membahas soal pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024. "Ya karena temanya harlah dan mukernas ini mengusung soal pilkada, nanti ada beberapa poin yang menyangkut soal sikap PKB menyikapi pilkada 27 November," ujar Huda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.