Sukses

Kabar Sidang Kabinet di IKN, Jokowi: Kalau Kursinya Belum Ada, Masa Lesehan

Jokowi tidak ingin memaksa bahwa ia akan segera berkantor di IKN. Dia khawatir bila terburu-buru, malah membuat kualitas pembangunan menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi kabar akan menggelar sidang kabinet di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat ini. Jokowi menyebut, ketika infrastruktur dan perabotan sudah siap maka sidang kabinet memungkinkan digelar di IKN.

"Ya kalau sudah siap, kalau kursinya belum ada gimana mau duduk masa lesehan, sidang kabinet lesehan," ujar Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Untuk teknis sidang kabinet di IKN, Jokowi meminta hal itu ditanyakan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. "Nanti ditanyakan ke Mensesneg kalau soal sidang kabinet," ucap dia.

Lebih lanjut, Jokowi tidak ingin memaksa bahwa ia akan segera berkantor di IKN. Dia khawatir bila terburu-buru, malah membuat kualitas pembangunan menurun.

"Semuanya, kesiapan di IKN dan kita tidak mau maksa-maksa yang nanti akan menurunkan kualitas interior kualitas bangunan, enggak. Selama itu benar benar siap ya saya akan masuk," pungkasnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi soal kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 30 Juli 2024.

Heru mengatakan hal tersebut akan dijelaskan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Namun, dia akan mempersiapkan fasilitas apabila Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN.

"Itu nanti sedang kami rapihkan semua untuk sidang kabinet mungkin nanti bisa dijelaskan Seskab," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekretariat Presiden Sedang Siapkan Furnitur

Dia tak dapat memastikan jadwal Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di IKN pada 30 Juli 2024. Heru menuturkan pihaknya hanya bertugas mempersiapkan segala kebutuhan terkait kegiatan kepresidenan.

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," jelasnya.

Di sisi lain, Heru menyampaikan Sekretariat Presiden tengah menyiapkan furnitur untuk kebutuhan Jokowi berkantor di IKN. Jokowi sendiri dipastikan akan mengunjungi IKN pada 28 Juli 2024 dan menginap selama dua hari.

"Kantor Presiden kita persiapkan kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya selaku Kasetpres bersama rekan-rekan pejabat Setpres mulai hari ini terus tanggal 25 mengisi terus kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden," tutur Heru.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • IKN