Sukses

Menag Yaqut Pastikan Masalah Delay Garuda Indonesia Bakal Dievaluasi

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan akan melakukan evaluasi terhadap maskapai Garuda Indonesia atas keterlambatan penerbangan jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan akan melakukan evaluasi terhadap maskapai Garuda Indonesia atas keterlambatan atau delay dalam sejumlah penerbangan jemaah haji.

Evaluasi itu akan dilakukan pada hari ini setelah resmi mengumumkan seluruh fase pelaksanaan ibadah haji mulai dari pemberangkatan, puncak, sampai pemulangan sudah selesai dilaksanakan.

“Tentu tentu kita akan melakukan evaluasi terhadap semua proses (termasuk keterlambatan penerbangan Garuda),” kata Yaqut saat ditanya awak media, di Asrama Haji, Jakarta Timur, Kamis (25/7/2024).

Pria yang disapa Gus Yaqut ini enggan berspekulasi isu soal terkait keterlambatan penerbangan Garuda. Dia menyatakan akan melihat bagaimana hasil evaluasi nanti untuk menentukan keputusan nantinya. “Tentu prosesnya kita lihat (dari hasil evaluasi),” sebutnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) juga pernah menegur maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk lebih profesional dalam melayani jemaah haji Indonesia.

Menyusul penundaan penerbangan pemulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) KNO-02 yang memakan waktu lebih dari lima jam.

"Delay lama seperti ini sangat mengecewakan jemaah haji Indonesia. Apalagi mereka juga lelah setelah menempuh perjalanan dari Makkah ke Madinah, sesampainya di bandara malah ada delay dalam durasi waktu lama. Saya harap Garuda Indonesia lebih profesional, bertanggung jawab, dan kejadian ini tidak terulang," kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Jadwal

Saiful menjelaskan, KNO-02 sedianya terjadwal terbang dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pukul 11.20 WAS (Waktu Arab Saudi). Untuk itu, sambungnya, jemaah sudah diberangkatkan dari hotel di Madinah pada pukul 05.20 WAS setelah sarapan di hotel.

Kemudian, lanjut Saiful, pada pukul 05.48 WAS, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mendapat informasi tertulis adanya perubahan jadwal terbang KNO-02 menjadi 13.45 WAS.

Tidak hanya sampai di situ, selang beberapa waktu, PPIH kembali mendapat informasi tertulis perubahan jadwal KNO-02 menjadi 15.45 WAS, yang pada akhirnya baru terbang pukul 16.33 WAS.

"Kalau dihitung, keterlambatan keberangkatan terjadi dari 11.20 sampai 16.33 WAS. Ada delay lima jam 13 menit. Garuda Indonesia tidak memberikan kompensasi apa pun kepada jemaah haji," ujarnya.

Saiful menyebutkan, pihak Garuda Indonesia beralasan keterlambatan pertama terjadi karena adanya larangan terbang disebabkan suhu panas pada landasan pacu Bandara Madinah.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Lainnya

Sementara alasan keterlambatan kedua, tambah dia, karena adanya pengecekan bodi pesawat yang penyok saat mendarat di Madinah.

"Informasi adanya perubahan jadwal terlambat disampaikan. Perubahan jadwal disampaikan dalam dua kali pemberitahuan, terkesan Garuda mengulur waktu keterlambatan untuk menghindari kompensasi dan tidak ada permintaan maaf resmi dari Garuda atas keterlambatan panjang ini," tutur Saiful Mujab.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.