Sukses

Ekonomi Digital dan dan Transformasi Tenaga Kerja Jadi Pusat Perhatian di AIBP 2024

AIBP Conference and Exhibition 2024, yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, akan membahas tantangan dan peluang teknologi utama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - AIBP Conference and Exhibition 2024, yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, akan membahas tantangan dan peluang teknologi utama di Indonesia. Acara akan digelar di Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, pada 6-7 Agustus 2024. Acara ini akan menyatukan para pemimpin industri, pembuat kebijakan, dan anggota komunitas untuk mendorong inovasi, kerja tim, dan kemitraan.

CEO Industry Platform Singapore Irza Fauzan Suprapto menyatakan, data dan Artificial Intelligence (AI) adalah landasan transformasi digital di Indonesia, memberdayakan dunia usaha dan lembaga pemerintah untuk mengoptimalkan sisi operasional perusahaan, meningkatkan pengambilan keputusan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Memanfaatkan analisa yang didukung AI mendorong efisiensi dan inovasi di berbagai sektor seperti keuangan, manufaktur, dan layanan publik, sehingga mendorong Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terkemuka.

"Pengelolaan risiko digital juga sama pentingnya. Penerapan langkah-langkah keamanan siber yang kuat, memperbarui sistem secara berkala, dan melakukan penilaian risiko yang komprehensif merupakan strategi yang tidak dapat dikesampingkan untuk untuk Indonesia,” ujar Irza, pada sesi diskusi yang dihadiri Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman, Senior VP, Integrated Enterprise Data & Command Center Pertamina Ignatius Sigit Pratopo, CEO Pelindo Solusi Digital Natal Iman Ginting, dan Wakil Ketua Umum Komunikasi & Informatika Kadin Indonesia Firlie Ganinduto, di Jakarta, Selasa (23/72024).

Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman mengatakan, perjalanan transformasi digital Maybank Indonesia dimulai lebih dari lima tahun lalu. Pihak merevolusikan pendekatan dalam menyediakan solusi keuangan. Dengan berfokus pada pengalaman nasabah dan pengertian yang mendalam akan berbagai pain points di berbagai segmen, Maybank pun berhasil mengembangkan strategi digital yang berpusat pada kebutuhan nasabah.

“Komitmen terhadap inovasi dan keunggulan ini telah menempatkan Maybank Indonesia sebagai pemimpin dalam perbankan digital. Kami menawarkan solusi komprehensif melalui Aplikasi M2U ID dan membina kemitraan strategis menggarisbawahi misi kami untuk memanusiakan layanan keuangan dan memastikan pengalaman perbankan yang unggul, aman, dan nyaman bagi semua nasabah kami," ucapnya.

Senior VP Integrated Enterprise Data & Command Center Pertamina Ignatius Sigit Pratopo menyampaikan, ketika dunia sedang dihadapi ketidakpastian global yang belum pernah terjadi sebelumnya, pabrik-pabrik digital muncul sebagai solusi penting bagi bisnis yang ingin tetap berdaya saing dan tangguh. Pemanfaatan teknologi canggih seperti IoT, AI, big data, dan otomatisasi, pabrik-pabrik digital menjadi perwakilan masa depan industri energi, mendorong performa efisiensi, fleksibilitas, dan keberlanjutan yang tak tertandingi lintas waktu.

“Seiring komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi, perjalanan transformasi digital menempatkan kami sebagai pemimpin di era industri energi yang selanjutnya," ucapnya.

CEO Pelindo Solusi Digital Natal Iman Ginting menambahkan, portal sistem tunggal Pelindo telah merevolusi transaksi layanan pelabuhan dengan menggabungkan berbagai layanan ke dalam satu platform. Inovasi ini meningkatkan efisiensi transaksi dan kecepatan penyampaian layanan, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Dia menerangkan, transformasi digital sangat penting untuk pertemuan tuntutan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan. Dengan mengintegrasikan solusi digital seperti Parama, Praya, dan Palapa.

“Kami menyederhanakan proses dan mengurangi waktu transaksi, memastikan layanan yang lebih andal dan efisien. Hal ini memungkinkan kami menawarkan layanan yang lancar dan mudah diakses, selaras dengan ekspektasi pasar modern dan pemajuan teknologi," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Siber yang Komprehensif

Wakil Ketua Umum Komunikasi dan Informatika Kadin Indonesia Firlie Ganinduto berbagi wawasannya mengenai kondisi peta digital saat ini. Kata dia, untuk mengelola risiko digital secara efektif, organisasi harus menerapkan langkah-langkah keamanan siber yang komprehensif, memperbarui sistem mereka secara berkala, dan melakukan penilaian risiko secara menyeluruh.

Langkah-langkah penting seperti pelatihan karyawan untuk mengenali ancaman, penerapan kebijakan perlindungan data, dan pengoptimalan teknologi canggih seperti AI guna mendeteksi ancaman perlu dilakukan secara terpadu. Kolaborasi berkelanjutan dengan pakar industri dan kepatuhan terhadap praktik terbaik dalam pengelolaan insiden juga merupakan hal penting.

“Selain itu, otomatisasi merevolusi budaya kerja di Indonesia, meningkatkan produktivitas, mengurangi tenaga kerja manual, dan mendorong keunggulan operasional di berbagai sektor seperti manufaktur, keuangan, dan jasa, sehingga mendukung tujuan transformasi digital negara ini,” ucapnya.

Irza menambahkan, negara-negara di Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Munculnya teknologi baru menghadirkan peluang unik bagi perusahaan dan pemerintah untuk mengambil lompatan digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif.

“AIBP Conference and Exhibition yang diadakan pada 6 dan 7 Agustus di Jakarta merupakan kesempatan bagi para pemangku kepentingan dari organisasi publik dan swasta untuk berkumpul dan berdiskusi mengenai seperti apa pertumbuhan yang akan terjadi di masa depan ini,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.