Sukses

Jokowi Berikan Izin Tambang untuk Ormas, Ini Alasannya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan dirinya memberikan izin usaha pertambangan (IUP) untuk organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan dirinya memberikan izin usaha pertambangan (IUP) untuk organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.

Dia mengatakan hal ini berawal dari keluhan yang diterima saat berkunjung ke masjid dan pondok pesantren (ponpes).

"Banyak komplain kepada saya, 'Pak, kenapa tambang-tambang itu hanya diberikan kepada yang gede-gede, perusahaan besar. Kami pun kalau diberikan konsesi itu juga sanggup kok, waktu saya datang ke ponpes, berdialog di masjid'," kata Jokowi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).

"Itu lah yang mendorong kita membuat regulasi agar ormas keagamaan diberikan peluang untuk bisa mengelola tambang," sambungnya.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan izin pengelolaan tambang tidak diberikan untuk ormas. Dia menuturkan izin tersebut hanya untuk badan usaha yang ada di ormas tersebut.

"Tapi bukan ormasnya, badan usaha yang ada di ormas itu. Baik koperasi, maupun PT dan CV maupun yang lain-lain," ujarnya.

Terkait kabar Muhammadiyah menerima tawaran kelola izin tambang, Jokowi menyampaikan pemerintah ingin adanya pemerataan dan keadilan ekonomi.

Dia juga menekankan bahwa pemerintah tidak pernah mendorong ormas keagamaan menerima izin pengelolaan tambang.

"Jadi kita tidak ingin menunjuk atau mendorong-dorong ormas keagamaan untuk mengajukan, itu ndak. Kalau memang berminat ada keinginan, regulasinya sudah ada," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Kawasan Industri Terpadu Batang, Bisa Tampung 250.000 Pekerja

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024). Jokowi mengatakan kawasan industri akan dibangun dengan luas 4.300 hektare yang dapat membuka lapangan pekerjaan untuk 2.500 pekerja.

"Sekarang total dalam perencanaan adalah 4.300 hektare yang nantinya akan menampung industri, menampung pabrik-pabrik, yang akan membuka lapangan kerja kurleb sebanyak tadi Pak Menteri Investasi sudah sampaikan kurang lebih 250.000 pekerja karyawan yg bisa bekerja di Kawasan Industri Terpadu Batang ini. Goalnya ke situ," jelas Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (26/7/2024).

"Karena memang kita harus membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya bagi rakyat kita," sambungnya.

Menurut dia, total investasi saat ini mencapai Rp14 Triliun yang berasal dari 18 perusahaan. Untuk tahap awal, Jokowi menyebut KITB sudah menampung 19.000 pekerja.

"Dengan investasi yang sekarang masuk sudah 14 Triliun dan menyangkut kurang lebih 19.000 pekerja. Ini baru awal-awal," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Pasarkan kepada Investor

Jokowi pun meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsat Pandjaitan dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk memasarkan KITB kepada para investor.

Jokowi menuturkan KITB harus menjadi kawasan industri yang dilirik para investor dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.

"Saya tadi sudah melihat KCC Glass, sebentar lagi nanti September sudah akan mulai produksi, kemudian pipa plastik wavin juga akan segera memulai, sepatu sudah mulai, dan seterusnya. Semuanya akan dimulai dan kita harapkan nanti di Agustus juga akan ada pembangunan industri Anoda, September akan ada pembangunan katoda di sini," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini