Sukses

Pelaksanaan PIN Polio, Camat Cilegon Ajak Warga Rajin ke Posyandu

Maman mengajak orang tua yang mempunyai anak Balita untuk rajin ke Posyandu, terutama bagi yang memiliki anak usia 0-7 tahun 11 bulan agar melakukan imunisasi polio.

Liputan6.com, Cilegon Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dilakukan di Posyandu Sedap Malam VI, Kelurahan Ciwaduk Cilegon pada Sabtu (27/7). Camat Cilegon Maman Herman didampingi Lurah Ciwaduk Nurul Hadiyati dan Kepala Pusat Kesehatan MAsyarakat (Puskesmas) Cilegon drg Sefi meninjau langsung pelaksanaan imunisasi. 

Dalam kesempatan itu, Maman mengapresiasi seluruh elemen, dari TP (Tim Penggerak) PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Puskesmas, Ketua RT (Rukun Tetangga), Ketua RW (Rukun Warga) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan PIN Polio. Dia juga mengajak masyarakat, terutama yang memiliki anak berusia dibawah lima tahun (Balit) untuk rajin datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). 

"Kami ingin mengajak orang tua yang mempunyai anak Balita untuk rajin ke Posyandu, terutama bagi yang memiliki anak usia 0-7 tahun 11 bulan agar melakukan imunisasi polio," kata Camat Cilegon Maman sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Sabtu (27/7). 

Menurut Maman, maksud kedatangannya ke Posyandu dalam rangka memastikan partisipasi warga untuk mengikuti PIN Polio. 

"Tadi kami keliling, ingin memastikan partisipasi warga untuk melakukan imunisasi Polio ini tinggi. Mudah-mudahan polio tidak ada di Kelurahan Ciwaduk dan Kota Cilegon. Penyakit polio ini berbahaya sekali, tidak bisa diobati, tapi bisa dicegah dengan cara diteteskan imunisasi polio," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Ciwaduk Nurul Hadiyati mengimbau warga yang mempunyai anak 0 sampai 7 tahun 11 bulan untuk datang ke Posyandu agar diberikan imunisasi polio yang dilakukan serentak di sembilan Posyandu. 

"Di Posyandu Sedap Malam VI ada sasaran 86 anak yang diberikan imunisasi. Terimakasih kepada Ibu Camat dan TP PKK Kecamatan Cilegon yang aktif dalam mensosialisasikan PIN. Target Posyandu Sedap Malam VI ini 86 anak mengikuti imunisasi Polio," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kecamatan Cilegon drg Sefi mengatakan, di Kecamatan Cilegon ada 7.338 anak yang menjadi sasaran imunisasi polio. 

"Kami akan bagi kedua putaran, putaran, yakni pertama pada tanggal 23 sampai 29 Juli 2024, putaran dua tanggal 6 sampai 12 Agustus 2024,” katanya.

Dijelaskan Sefi, pada putaran kedua akan dilakukan untuk melakukan sweeping anak yang belum diimunisasi pada putaran pertama. Sefi mengungkapkan bahwa balita yang tidak melakukan imunisasi Polio dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sakit panas.

"Kalau kondisinya seperti itu, Itu tidak bisa diberikan imunisasi atau ada yang di sekolah tetapi tidak masuk," ujarnya. 

 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.