Sukses

Johan Budi Ingin Kembali Berkarier di KPK, Mantan Penyidik: Ada Kekhawatiran Apakah Bisa Independen

Mantan Politikus Partai PDI Perjuangan, Johan Budi Sapto Pribowo memutuskan untuk berkarier sebagai Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Politikus Partai PDI Perjuangan, Johan Budi Sapto Pribowo memutuskan untuk berkarier sebagai Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama Johan Budi juga termasuk salah satu peserta yang lolos saat tahap administrasi beserta 236 peserta lainnya.

Kehadiran Johan Budi Budi yang ingin berkiprah di dunia antirasuah menambah warna dalam seleksi Capim KPK. Sebab Johan sendiri yang memiliki latar belakang politik.

Mantan penyidik KPK, Yudhi Purnomo mengaku cukup khawatir akan kehadiran Johan. Sebab sosok yang dicari-cari di jajaran pimpinan antirasuah juga diharapkan adalah sosok yang netral.

"Memang background dia yang pernah di parpol tentu ada sedikit kekhawatiran apakah bisa independen atau tidak," ucap Yudhi saat dihubungi merdeka.com, Sabtu, (27/7).

Meskipun demikian, Johan sendiri juga merupakan salah satu orang veteran sejak awal mula KPK dibentuk. Rekam jejaknya mulai dari Juru Bicara (Jubir) KPK, Deputi Pencegahan, hingga Plt Pimpinan memang sudah tidak diragukan lagi.

Mengingat Johan yang memiliki perjalanan panjang tersebut, Yudhi meyakini pada akhirnya mantan politikus PDIP itu pasti bisa bersifat netral.

"Saya sebagai orang yang kenal JBSP yakin dia akan independen ketika nanti terpilih, tapi sekali lagi bola untuk 10," ucap Yudhi meyakini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penuhi Kriteria

Lolosnya Johan hingga di tahap administrasi, kata Yudhi, karena memang sudah memenuhi kriteria, pendidikan, hingga pengalaman. Bahkan Budi yang memutuskan untuk mundur dari parpol dan anggota DPR RI.

"Di masyarakat pun pasca pengumuman dimana nama dia merupakan salah satu yang lolos seleksi administratif relatif tidak ada penolakan karena sosok JBSP yang lekat dengan KPK sebagai Jubir di masa lalu," terang Yudhi Purnomo.

Walaupun Johan yang sudah memiliki rekam jejak di Komisi Antirasuah, Mantan penyidik KPK tetap menyerahkan keputusan seleksi pada panitia seleksi (Pansel).

"Apakah pansel akan meloloskan jbsp atau tidak tentu 9 orang itu punya pertimbangan apalagi memang tahapan seleksi masih panjang dan lama," Yudhi menutup.

3 dari 3 halaman

Mundur dari PDIP

Diberitakan sebelumnya, kabar Johan Budi yang mundur dari PDIP dan ingin kembali berkarir di KPK dibenarkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat.

Djarot mengungkap Johan Budi mengajukan pengunduran diri sebagai kader PDIP sekaligus anggota DPR RI usai lolos dalam seleksi administrasi menjadi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pak Johan Budi sudah melaporkan pengunduran diri karena untuk menjadi komisioner KPK itu tidak boleh menjadi anggota partai politik atau kader partai politik, termasuk juga pengunduran diri sebagai anggota DPR RI," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7).

Djarot mengaku senang dengan lolosnya Johan Budi dalam seleksi adminitrasi Capim KPK. Menurutnya, Johan Budi memiliki banyak pengalaman di KPK.

"Beliau lama di KPK sebelum masuk politik, beliau juru bicara, beliau juga menjadi Plt kalo nggak salah, pimpinan KPK, komisioner," kata Djarot.

Lebih lanjut, Djarot juga mengucapkan selamat kepada Johan Budi karena lolos tahap administrasi Capim KPK. Djarot berharap, Johan Budi bisa lolos di tahap-tahap selanjutnya.

"Saya secara pribadi menyampaikan selamat dan saya tahu, kenal dengan Pak Johan Budi. Saya tidak meragukan integritas beliau untuk selalu melakukan tindakan sikap perilaku yg jujur berintegritas dan berkarakter," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.