Sukses

Berawal dari Tugas Kuliah, UMKM Binaan Amanah Mampu Kembangkan Produk Menjangkau Pasar

Sejak 2022 hingga saat ini, produknya kemudian dijual di Aceh hingga Makassar dan kerap mengikuti berbagai expo tingkat nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) memamerkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya di acara Pesta Rakyat. Showcase AMANAH berdiri di dekat pintu masuk acara, Lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada 26-30 Juli 2024.

“Saya berharap melalui AMANAH ini, yang pertama, meningkatkan pengetahuan dan kapasitas saya dalam berwirausaha. Selain itu, saya juga membutuhkan wadah untuk menampung ide-ide saya untuk membantu mengembangkan usaha Gula Joek Aceh ini,” tutur Co-Founder Gula Joek Aceh, Hana Abelia Putri, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (28/7/2024).

Hana menjelaskan, produk UMKM miliknya bisa menjadi bahan pemanis pengganti gula pasir seperti untuk campuran air kopi, teh seduh maupun sebagai bahan makanan seperti kue dan sebagainya.

“Gula Joek Aceh berasal dari kata joek, joek dalam Bahasa Aceh itu artinya aren, yaitu ini gula semut aren. Jadi, produk olahan aren yang dijadikan pemanis pengganti gula pasir dalam bentuk serbuk,” jelas dia.

Hana menceritakan, UMKM yang dia bangun bermula dari tugas kuliahnya di jurusan kimia Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

“Kami memilih proyek yang terbuat dari olahan aren. (Proyek) itu menggabungkan ilmu kimia dan ilmu enterpreneur,” tutur dia.

Sejak 2022 hingga saat ini, produknya kemudian dijual di Aceh hingga Makassar dan kerap mengikuti berbagai expo tingkat nasional. Ia pun meyakini pemasarannya bisa lebih luas dengan bantuan AMANAH.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikunjungi Warga

Dari pemantauan di lokasi, tenda UMKM AMANAH banyak dikunjungi warga, terutama sore ke malam harinya. Selain Gula Joek Aceh, para pengunjung juga bisa membeli produk UMKM unggulan lainnya dari kuliner, fashion, kriya hingga produk body care dan healthy care

Di antaranya, Berpala, Cilfood, Na Craft Aceh, Cachanda, Semprong Aceh, Aliya Cake, Troe Thad, Mpokdi, Nyakmi, TSR Coffee, Lasefa, Rajut Lova, Krintang, WHY.U, Mona Gallery Souvenir, Kedai Kaos Aceh, Nakusuka, Putroe Food dan Mozaik.

Kemudian, ada Nozy, Kalila VCO, Parfum AMANAH, Inovac, Ceecay, Atsirina, All In Signature, DJ Cake n Cookies, Emping Meutuwah, Alika Mecca, Dhians Strap, Wonder Meal, Yasmeen Herbs Milk Tea dan ND Natural.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

Video Terkini