Sukses

Pertama Kali Nginap di Istana IKN, Jokowi Akui Tak Nyenyak Tidur

Selama berkunjung di IKN, Jokowi biasanya menginap di glamping atau rumah dinas menteri. Namun, kali ini Jokowi memilih tidur di Istana Presiden IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermalam di Istana Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu 28 Juli 2024. Jokowi mengakui tidurnya tidak nyenyak sebab ini kali pertamanya menginap di Istana Presiden IKN.

"Tadi malam saya tidur di sini (Istana IKN). Enggak nyenyak (tidurnya). Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi kepada wartawan di Kantor Presiden IKN Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Selama berkunjung di IKN, Jokowi biasanya menginap di glamping atau rumah dinas menteri. Namun, kali ini Jokowi memilih tidur di Istana Presiden IKN.

"Ya mungkin pertama kali aja, masih belum apa ya, masih belum nyenyak," ujar dia.

Jokowi sendiri berkantor di IKN untuk pertama kalinya pada Senin hari ini. Rencananya, Jokowi akan berkantor di IKN selama tiga hari. "Pagi ini Bapak Presiden akan menerima Tamu/Audiensi dan Rapat diruang Kerja Bapak Presiden di Kantor Presiden di IKN ini, seperti kegiatan acara harian saat Bapak berkantor di Istana Merdeka Jakarta," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Jokowi diagendakan melakukan rapat dengan jajaran Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Selain itu, dia direncanakan bertemu dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda) Kalimantan Timur.

"Rencana Beliau akan Rapat dengan jajaran OIKN didampingi Mensesneg dan Menteri PUPR. Kemudian juga akan menerima Jajaran Forkompinda Kaltim," tutur Yusuf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratas di IKN, Jokowi Tunggu Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Senin 29 Juli 2024. Namun dipastikan, agenda hari ini bukanlah rapat terbatas (ratas) atau pun sidang kabinet. 

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan tetapi harus menunggu semua menteri yang berada di luar negeri pulang ke Indonesia, seperti yang sedang mengawal agenda Olimpiade Paris. Salah satunya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Ratasnya, nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air. Karena masih banyak yang di Paris,” kata Jokowi saat hendak bertolak ke IKN, Minggu 28 Juli 2024.

“(Termasuk sidang kabinet perdana di IKN) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir,” sambung Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi soal kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 30 Juli 2024.

Heru mengatakan hal tersebut akan dijelaskan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Namun, dia akan mempersiapkan fasilitas apabila Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN.

"Itu nanti sedang kami rapihkan semua untuk sidang kabinet mungkin nanti bisa dijelaskan Seskab," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini