Sukses

Pimpinan DPR Pastikan Rapat Pansus Haji Tidak Akan Digelar pada Masa Reses

Dasco menjelaskan, jika rapat pansus angket haji tetap dilaksanakan pada atau dalam masa reses. Maka dijelaskannya bakal menyalahi aturan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, memastikan bahwa rapat panitia khusus (pansus) angket haji tidak akan dilaksanakan selama masa reses. Diketahui, masa reses anggota DPR RI ini telah berlangsung sejak 9 Juli hingga 15 Agustus 2024.

"Pansus haji itu kan memang pada waktu Rapim dan Bamus kita sudah putuskan akan jalan di masa sidang akan datang. Nah sehingga kemarin karena sudah keburu reses, itu belum berjalan," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/7).

Ia menjelaskan, jika rapat pansus angket haji tetap dilaksanakan pada atau dalam masa reses. Maka dijelaskannya bakal menyalahi aturan.

"Iya tapi kemarin kita ada yang ingatkan bahwa hasil rapim dan bamus bahwa pansus itu harus berjalan di saat sidang depan, sehingga kalau kemarin ini, menyalahi aturan," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra ini menegaskan, tidak akan adanya rapat terkait pansus angket haji dalam masa reses.

"Sementara tidak ada, karena hasil rapim dan bamusnya kan harus diubah itu, di masa sidang aktif," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapat Pansus Angket Haji Ditunda

Panitia Khusus (Pansus) angket haji melakukan penundaan rapat perdana. Kegiatan itu rencananya bakal digelar pada Rabu (17/7) siang sekira pukul 13.00 Wib, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"(Rapat perdana Pansus Angket) Ditunda minggu depan," kata Anggota Pansus Angket Haji, Luluk Hamidah saat dihubungi merdeka.com, Rabu 17 Juli 2024.

Ia menjelaskan, alasan pihaknya menunda rapat tersebut lantaran saat ini memasuki masa reses. Sehingga, mereka menuju ke wilayah atau daftar pemilihan (dapil) masing-masing.

Luluk memastikan, rapat perdana pansus angket haji itu sedianya bakal digelar pada minggu depan. Akan tetapi, tidak disebutkan waktu pastinya.

"Iya ditunda sementara karena faktor teknis, sambil memberi kesempatan reses seminggu di dapil. Insya Allah minggu depan kita rapat perdana," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Pemberitahuan Penundaan

Secara terpisah, anggota Pansus Angket Haji Wisnu Wijaya menyebut, pemberitahuan penundaan itu didapat olehnya pada Selasa (16/7) sore.

"Kemarin sore menjelang petang itu ada informasi terkait penundaan. Sampai kapan, kami juga bertanya kepada sekjen mengatur agenda tersebut, itu sampai waktu yang nanti diinformasikan kembali, seperti itu," ujar Wisnu.

"Sehingga kami ya husnuzon kami karena mungkin pimpinan DPR hari ini belum bisa hadir. Kami akan standby di sini untuk kemudian mempersiapkan apa saja hal-hal pembahasan yang nanti akan dilaksanakan di acara pansus tersebut. Terimakasih mohon maaf atas ketidaknyamanan," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini