Sukses

Istana: Jokowi Pulang ke Jakarta Hari Ini, Sudahi Soft Ngantor di IKN

Ari juga memastikan, dengan rencana kepulangan presiden Jokowi hari ini maka tidak ada sidang kabinet yang dihelat di IKN pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menyudahi agenda ‘soft’ ngantornya di Ibu Kota Nusantara atau IKN hari ini, Selasa (30/7/2024). Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana saat ditanya awak media.

“Rencananya hari ini Presiden kembali ke Jakarta,” kata Ari seperti dikutip Selasa (30/7/2024).

Ari juga memastikan, dengan rencana kepulangan presiden hari ini maka tidak ada sidang kabinet yang dihelat di IKN pada pekan ini.

“Tidak dalam kunjungan kerja minggu ini,” jelas Ari.

Terkait kapan waktu digelarnya sidang tersebut, Ari mengaku semua masih dijadwalkan.

“Masih dijadwalkan,” singkat dia menutup.

Sebelumnya diberitakan, saat mau memulai “soft” ngantor di IKN, Presiden Jokowi sudah memastikan tidak akan ada rapat terbatas (ratas) atau pun sidang kabinet. 

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan tetapi harus menunggu semua menteri yang berada di luar negeri pulang ke Indonesia, seperti yang sedang mengawal agenda Olimpiade Paris. Salah satunya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Ratasnya, nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air. Karena masih banyak yang di Paris,” kata Jokowi saat hendak bertolak ke IKN, Minggu 28 Juli 2024.

“(Termasuk sidang kabinet perdana di IKN) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir,” sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Jokowi soal Sidang Kabinet Perdana di IKN

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, penyelenggaraan sidang kabinet perdana di Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menunggu kepulangan para menteri yang sedang bertugas di luar negeri.

"Ratas (rapat terbatas) nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air karena banyak, masih ada yang di Paris," kata Presiden di sela kunjungan kerja di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).

Jokowi mengatakan ingin menunggu semua menteri ada dan tiba terlebih dulu di tanah air untuk menggelar sidang kabinet perdana tersebut.

"Ya itu (sidang kabinet) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya ada di tanah air," ujarnya. dilansir dari Antara.

3 dari 3 halaman

Tinjau Pembangunan Infrastruktur

Diketahui pada Minggu (28/7), Jokowi meresmikan sekaligus meninjau sejumlah infrastruktur di IKN. Presiden dalam kesempatan itu mengajak sejumlah influencer ke IKN.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bermalam di Kantor Presiden, pada Minggu (28/7) dan akan berkantor di IKN keesokan harinya, Senin (29/7).

"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujar Yusuf Permana dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini