Sukses

Kelompok Pengusaha Kaltim Ingin Jadi Pemain Utama, Minta Jokowi Permudah Izin di IKN

Ketua Kadin Kaltim menjelaskan, usaha yang saat ini diinginkan di IKN adalah dengan membuka kafe atau pun rumah makan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri Provisi Kalimantan Timur (Kadin Kaltim), Dayang Donna Faroek mengatakan, ada sejumlah harapan yang disampaikan kepada Presiden Jokowi dari kelompok pengusaha. Salah satunya, keinginan menjadi pemain utama dan kemudahan soal pengurusan izin.

"Harapan kami bisa jadi pemain utama. Mungkin bisa diberi peluang lebih luas lagi dalam hal partisipasi kami dalam pembangunan di IKN. Contohnya dalam perizinan," kata Dayang di IKN, Selasa (30/7/2024).

Dayang mengakui, memang sejauh ini kelompok pengusaha sudah ada keterlibatan seperti dari HIPMI dan Kadin. Namun demikian, sifat dari keterlibatan tersebut baru sebatas subkontrak. Padahal jika diberi kesempatan, Dayang percaya kelompok pengusaha bisa menjadi pemain utama dalam pembangunan IKN.

"Peluang itu sebenarnya banyak. Tinggal gimana kita diberi kesempatan," harap dia.

Dayang menjelaskan, usaha yang saat ini diinginkan adalah dengan membuka kafe atau pun rumah makan. Sebab, akan banyak kelompok pekerja dari beragam latar belakang yang akan ditempatkan di IKN.

Jika penyedianya bergantung pada satu titik, maka dipastikan tidak akan cukup menampung jumlah kebutuhan populasi manusia yang hadir ke IKN.

"Karena kebutuhan yang ada di IKN nggak akan cukup kalau hanya bergantung di Jalan Sepaku saja. Harus ada keroyokan yang harus dipikirkan. Kita nggak bisa terpaku pada pemenuhan yang bahan jadi, tapi bahan bakunya juga harus dipikirkan untuk keberlanjutan," saran Dayang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masyarakat Menunggu Siapa yang Membantu

Dayang menambahkan, hasil komunikasinya dengan pihak otorita IKN dan beberapa deputi terkait, Kadin tak keberatan menawarkan lahan persawahan di Penajam Paser Utara yang sampai sekarang belum ditindaklanjuti untuk digunakan sebagai tempat sumber pangan mandiri.

Dayang percaya, bila tawaran tersebut disetujui pemerintah maka bukan tidak mungkin terjadi kolaborasi besar, mulai dari pengairan oleh PUPR, kemudian pengolahan lahan oleh Kementerian Pertanian dari bibit dan pupuknya, dari Pemerintah Kabupaten setempat sebagai pemilik lahan yang turut memberdayakan masyarakat.

"Mereka (masyarakat) menunggu yang masuk membantu mereka. Saat ini pemerintah dari Pemprov dan pemkab memang belum maksimal membantu para petani yang ada di Babulu Laut," tandas Dayang.

3 dari 3 halaman

Istana: Jokowi Pulang ke Jakarta Hari Ini, Sudahi Soft Ngantor di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menyudahi agenda ‘soft’ ngantornya di Ibu Kota Nusantara atau IKN hari ini, Selasa (30/7/2024). Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana saat ditanya awak media.

"Rencananya hari ini Presiden kembali ke Jakarta," kata Ari seperti dikutip Selasa (30/7/2024).

Ari juga memastikan, dengan rencana kepulangan presiden hari ini maka tidak ada sidang kabinet yang dihelat di IKN pada pekan ini.

"Tidak dalam kunjungan kerja minggu ini," jelas Ari.

Terkait kapan waktu digelarnya sidang tersebut, Ari mengaku semua masih dijadwalkan.

"Masih dijadwalkan," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, saat mau memulai soft ngantor di IKN, Presiden Jokowi sudah memastikan tidak akan ada rapat terbatas (ratas) atau pun sidang kabinet. 

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan tetapi harus menunggu semua menteri yang berada di luar negeri pulang ke Indonesia, seperti yang sedang mengawal agenda Olimpiade Paris. Salah satunya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Ratasnya, nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air. Karena masih banyak yang di Paris," kata Jokowi saat hendak bertolak ke IKN, Minggu 28 Juli 2024.

"(Termasuk sidang kabinet perdana di IKN) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden Joko Widodo sudah memberikan nama Nusantara, kepada ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

    Ibu Kota Nusantara

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • IKN

Video Terkini