Sukses

Ini Kelakar Pahala Nainggolan dan Johanis Tanak Usai Ikuti Tes Tertulis Capim KPK

Salah satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Pahala Nainggolan telah melakukan tes tertulis di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta Salah satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Pahala Nainggolan telah melakukan tes tertulis di Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dia mengatakan, tes tertulis Capim KPK tahun ini terbilang mudah baginya.

“Tahun lalu (periode sebelumnya) kan pengetahuan teknis doang, pasal-pasal. Kalau ini enggak. Ada pengetahuan teknis tapi ada gagasan juga, kan cakep. Empat wajib, dua pilihan,” kata Pahala usai di lokasi.

“Awalnya sembilan kan. Pilihan dua dari lima. Jadi enak. Semua yakin, semua bagian bisa nulis panjang,” sambungnya.

Dia pun berkelakar saat ditanya seberapa percaya diri bisa lolos tes kali ini. “Lu nanya ama gue,” kelakar Pahala seraya tertawa.

Dia pun menceritakan soal Wakil Ketua KPK Johanis Tanak yang juga mengikuti peserta tes tulis capim KPK.

“Pak tanak minta tambah kertas juga,” tutur Pahala.

Mendengar hal itu, Tanak membalas candaan Pahala.

“Pokoknya tidak nambah saja sudah habis waktu, apalagi nambah,” candanya.

Meski demikian, Tanak pun memuji Pahala yang notabenenya anak buahnya. Di mana Pahala

merupakan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK.

“Kalau beliau ini jawabannya pasti bagus semua karena bidangnya semua yang keluar,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Tertulis Capim KPK Kelar, Total 229 Peserta Hadir

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai melaksanakan tes tertulis untuk peserta Capim KPK. Total sebanyak 229 peserta hadir dalam seleksi tersebut.

“Hari ini Rabu tanggal 31 Juli 2024 pukul 11.00 WIB telah dilaksanakan tes tertulis bagi calon pimpinan KPK dan selanjunya nanti tes calon dewas KPK pada pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB,” tutur Anggota Pansel KPK Elwi Danil di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Elwi merinci, dari total 326 peserta tes Capim KPK yang mengikuti tes 229 orang, dengan komposisi laki-laki sebanyak 214 orang dan perempuan 15 orang. Untuk itu, ada 7 peserta yang tidak hadir dan semua merupakan laki-laki.

“Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id dan website Komisi Pembernatsan Korupsi www.kpk.go.id,” jelas dia.

3 dari 3 halaman

Ada Peran Masyakarat

Adapun Pansel KPK berharap adanya tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta Capim KPK tersebut. Wadah masukan juga disediakan melalui laman website resmi.

“Tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024 melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat http://apel.setneg.go.id atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cawades.kpk@setneg.go.id,” Elwi menandaskan.

Panitia seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan tahap tes selanjutnya setalah sebanyak Sebagaimana diketahui, sebanyak 236 Capim dan 146 untuk Dewas.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.