Sukses

Seleksi Tes Tertulis Dewas KPK, Harjono hingga Benny Mamoto Hadir

Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim dan Dewas KPK) kembali melanjutkan agenda seleksi tes tertulis

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi ( Pansel Capim dan Dewas KPK) kembali melanjutkan agenda seleksi tes tertulis. Setelah sesi capim KPK di pagi hari, tes tertulis untuk calon Dewan KPK dimulai siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Rabu (31/7/2024), sejumlah tokoh mulai berdatangan di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan. Panitia pun langsung mengarahkan mereka untuk berkumpul terlebih dahulu di tenda registrasi.

Di dalam, para peserta terlebih dahulu melakukan registrasi sesuai petunjuk. Kemudian, mereka diminta menunggu untuk masuk bersama-sama.

Tampak di antaranya anggota Dewas KPK Harjono yang berpenampilan rapi dengan jas hitam berkemeja putih, serta Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dengan batik cokelatnya.

Pansel Capim dan Dewas KPK selesai melaksanakan tes tertulis untuk peserta Capim KPK. Totalnya, ada 229 peserta hadir dalam seleksi tersebut.

"Hari ini Rabu tanggal 31 Juli 2024 pukul 11.00 WIB telah dilaksanakan tes tertulis bagi calon pimpinan KPK dan selanjunya nanti tes calon dewas KPK pada pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB," tutur Anggota Pansel KPK Elwi Danil di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Elwi merinci, dari total 326 peserta tes Capim KPK yang mengikuti tes 229 orang, dengan komposisi laki-laki 214 orang dan perempuan 15 orang. Untuk itu, ada 7 peserta yang tidak hadir dan semua merupakan laki-laki.

"Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id dan website Komisi Pemberantasan Korupsi www.kpk.go.id," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pansel KPK Harapkan Masukan Masyarakat

Adapun Pansel KPK berharap adanya tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta Capim KPK tersebut. Wadah masukan juga disediakan melalui laman website resmi.

"Tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024 melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat http://apel.setneg.go.id atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cawades.kpk@setneg.go.id," Elwi menandaskan.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan hasil seleksi untuk periode jabatan tahun 2024-2029.

Ketua Pansel KPK, Muhamamd Yusuf Ateh menyampaikan, dari total 318 pendaftar Capim, sebanyak 236 orang (74 persen) dinyatakan lolos. Sementara untuk Dewas KPK, dari 207 pendaftar, 146 orang (71 persen) lolos seleksi.

"Dari jumlah pendaftar tersebut, yang dinyatakan lulus sebanyak 236 orang (74 persen) untuk calon pimpinan KPK dan sebanyak 146 orang (71 persen) untuk calon Dewan Pengawas KPK," kata Yusuf di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024).

3 dari 3 halaman

Ada Kenaikan Jumlah Pendaftar

Yusuf juga menuturkan, terjadi kenaikan jumlah pendaftar Capim dan Dewas KPK dibandingkan periode sebelumnya.

"Pada seleksi tahun 2019, dari jumlah pendaftar sebanyak 376 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 192 orang (51 persen)," ucapnya.

Berikut rincian jumlah pendaftar dan yang lolos Capim dan Dewas KPK:

Capim KPK

  • Pendaftar laki-laki: 298 orang
  • Pendaftar perempuan: 20 orang
  • Pendaftar laki-laki yang lolos: 221 orang
  • Pendaftar perempuan yang lolos: 15 orang

Dewas KPK

  • Pendaftar laki-laki: 184 orang
  • Pendaftar perempuan: 23 orang
  • Pendaftar laki-laki yang lolos: 130 orang
  • Pendaftar perempuan yang lolos: 16 orang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.