Sukses

Jokowi soal Jadwal Sidang Kabinet di IKN: Tunggu AC, Kursi, dan Lengkap

Jokowi memastikan akan menggelar sidang kabinet di IKN apabila semua infrastruktur penunjang sudah selesai.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengatakan sidang kabinet paripurna perdana ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur menunggu semua infrastruktur untuk menunjang pekerjaan selesai. Selain air dan listrik, pemerintah juga membutuhkan AC atau pendingin ruangan, kursi, dan perabotan lainnya.

"Menunggu semuanya siap, komplit. Tidak hanya listriknya, tidak hanya airnya, tapi juga AC-nya, kursinya, furniturnya. Semua harus komplit," kata Jokowi kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Jokowi mengaku dirinya tak masalah apabila bekerja dengan kondisi infrastruktur terbatas. Namun, kata dia, sidang kabinet akan dihadiri semua menteri dan pimpinan lembaga negara sehingga semua hal harus disiapkan.

"Kalau saya kan enggak apa-apa, tapi kalau sudah mendatangkan tamu semua harus siap dan komplit," ujarnya.

Dia memastikan akan menggelar sidang kabinet di IKN apabila semua infrastruktur penunjang sudah selesai. Jokowi juga ingin menteri-menteri dan pimpinan lembaga negara merasakan bekerja di Istana Negara IKN.

"Ya itu tadi, dilihat. Sudah siap ya enggak apa-apa diadakan di sana, biar semuanya mengetahui, tahu, dan merasakan Istana di IKN," tutur Jokowi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Menteri Bakal Berkantor di IKN

Sebelumnya, Sejumlah menteri-menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pekan depan. Rencananya akan dijalankan sidang kabinet perdana di IKN.

Sebut saja, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengaku akan berangkat ke IKN. Rencananya, pekan depan dia akan bertolak ke sana.

"Nanti mau pergi, minggu depan ke IKN," kata Menko Luhut, di JCC Senayan, Jakarta, dikutip Kamis (1/8/2024).

Ditemui terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga berencana untuk mengunjungi IKN lagi pada 11 Agustus 2024 mendatang. Padahal, awal pekan ini, dia baru dari IKN.

Bukan tanpa alasan, Budi Karya bilang akan ada sidang kabinet perdana di IKN dipimpin Jokowi. Sebelumnya, kabar sidang kabinet itu akan digelar saat Jokowi berkantor perdana di IKN awal pekan ini.

"Tanggal 11 (Agustus 2024 ke IKN). Iya, sidang kabinet tanggal 12 kan," ungkap Menhub Budi Karya.

 

3 dari 3 halaman

Rumah Bersubsidi Bakal Dibangun di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin akan ada kawasan perumahan subsidi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Konsep yang diusung di IKN adalah hunian berimbang.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menjelaskan, rumah subsidi ini ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. 

"Jadi, tetap ada perumahan (subsidi) untuk masyarakat yang menengah ke bawah, tetap ada," kata Endra kepada awak media di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Dia menyebut, kehadiran masyarakat diperlukan untuk membentuk ekosistem di IKN. Mengingat, pengembangan kawasan IKN tidak bisa hanya mengandalkan ASN/PNS maupun TNI/Polri.

Meski begitu, Endra tidak mengungkapkan spesifikasi rumah subsidi yang akan dibangun pemerintah di kawasan IKN. Termasuk harga maupun tipe rumah yang akan ditempati masyarakat.

"Jadi, prinsip (rumah subsidi) seperti hunian berimbang gitu ya, yang pernah kita lakukan dengan undang-undang perumahan dan kawasan pemukiman itu," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.