Sukses

BIN Modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Hadapi Ancaman di Masa Depan

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, meresmikan modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan personel Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (31/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, meresmikan modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan personel Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (31/7/2024).

Menurut dia, langkah tersebut bertujuan mendorong sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki BIN semakin bersaing di kancah global.

“Maka pada hari ini kita akan menyaksikan peresmian pembangunan dan pembaharuan Pusdiklat Badan Intelijen Negara, melalui modernisasi, pembangunan gedung utama, gedung Pusdiklat BIN yang smart," kata Budi Gunawan dalam amanatnya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (1/8/2024).

Dia mengatakan, pusdiklat yang ada pada BIN akan dijadikan tempat pendidikan dan pelatihan serta sertifikasi intelijen. Termasuk tempat pembinaan ilmu khusus intelijen.

"Seluruh fasilitas itu dibangun untuk menjawab kebutuhan dan tantangan intelijen masa kini dan masa depan yang syarat intelijen berbasis teknolgi,” jelas Budi.

Dia memastikan, gedung pusdiklat akan menjadi center of excellence yang berfungsi sebagai pusat pengkajian, penelitian, dan pengembangan BIN. Sehingga, diharapkan semua SDM BIN bisa menjadi world class intelijen training center.

Di sisi lain, Budi mengapresiasi kerja keras dan dedikasi yang sudah dilakukan STIN dan Pusdiklat BIN dalam upaya pengembangan dan modernisasi.

"Kerja keras dan dedikasi itu patut diapreasiasi untuk mendorong semangat kerja yang lebih percaya diri," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STIN

Sebagai informasi, STIN tidak hanya menjaga standar pendidikan yang tinggi, namun juga memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan terkemuka yang sampai saat ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi kedinasan, yang mendapatkan akreditasi internasional, dari ACQUIN di Indonesia sebagai world class intelligence college.

Diketahui, BIN sebagai pusat kendali dan komando, telah berhasil meningkatkan kemampuan teknologi intelijen, melalui intelligence processing center, dengan pendekatan yang terpusat serta terkonfigurasi dengan berbagai perangkat termutakhir.

Di antaranya seperti jenis drone yang telah terkoneksi pada satelit maupun command center, yang memiliki fleksibilitas dan kemampuan canggih dalam mengumpulkan data dan melakukan pemantauan. Tidak hanya lewat udara, pada kemampuan darat operasi intelijen, BIN memiliki kendaraan yang dapat memantau pada wilayah-wilayah strategis dan objek vital dalam operasi intelijen.

 

3 dari 3 halaman

Fokus BIN soal Ancaman Masa Depan

Ancaman biologis di masa mendatang juga menjadi fokus perhatian BIN di bawah komando Budi Gunawan. Covid-19 yang menyerang hampir seluruh dunia termasuk Indonesia beberapa tahun lalu, menjadi pembelajaran penting dan mendasari hadirnya medical intelligence center “wangsa avatara” yang disini diisi oleh tenaga-tenaga ahli dan professional, yang dilengkapi metode dan teknologi baru dan modern.

BIN sendiri tak hanya berfokus pada operasi intelijen. Sesuai arahan dari Kepala BIN, BIN juga berusaha mengembangkan kreativitas dan bakat generasi muda.

Salah satunya dengan pendirian Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN) untuk mengembangkan talenta muda yang berbakat pada bidang olahraga. Dalam pelaksanaannya, PORBIN turut menggandeng atlet dalam negeri yang berprestasi.

Sebagai wujud kontribusi terhadap generasi muda, BIN juga membentuk Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang pertama kali diresmikan di Surabaya dan selanjutnya di Kota Manado.

Pengembangan sumber daya manusia juga dilakukan BIN ke ujung negeri dengan menghadirkan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Papua dan segera diresmikan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat atau AMANAH Youth Creative Hub di Aceh. 

Keduanya bisa dimanfaatkan generasi muda sebagai pusat industri ekonomi dan kreativitas dalam pengembangan teknologi hingga memajukan produk-produk lokal pada daerah tersebut.

Semua transformasi organisasi yang agile dan adaptif disertai modernisasi perangkat teknologi itu menjadi pondasi dasar dalam mewujudkan grand design BIN untuk menjadi world class intelligence dan menuju Indonesia Emas 2045.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.