Sukses

Digiland 2024 Sukses Digelar, Intip Kemeriahan Puncak Peringatan Ulang Tahun ke-59 Telkom Indonesia

Digiland 2024 menyajikan ragam kegiatan inspiratif, inovatif, dan menghibur untuk berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Mulai dari acara Digiland Conference, Music Festival, Pasar Rakyat dan UMKM, Digital Land, Digital Run hingga Sustainability Land.

Liputan6.com, Jakarta Puncak peringatan Ulang Tahun ke-59 Telkom Indonesia melalui event Digiland 2024 pada 27-28 Juli 2024 di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Selatan, berlangsung begitu meriah dan sukses memberikan inspirasi bagi ribuan pengunjung dan peserta.

Direktur utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para pelanggan setia, seluruh stakeholder Telkom Group dan masyarakat luas selama ini. Di usia 59 tahun ini, Telkom berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dan menjadi kebanggaan bangsa.

“Semoga di usia ke-59 Telkom Indonesia dapat terus memberikan kontribusi terbaik, terus mengelevasi setiap segi kehidupan masyarakat dan menjadi perusahaan teknologi dan digital kebanggan bangsa dan negara. 59 Tahun Telkom Indonesia Elevating Your Future,” kata Ririek Adriansyah didampingi jajaran Telkom Indonesia dalam acara Selebriti 59 Tahun Telkom Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Minggu, 29 Juli 2024.

Mengusung tema dan semangat "Elevating Your Future", Digiland 2024 menyajikan ragam kegiatan inspiratif, inovatif, dan menghibur untuk berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Mulai dari acara Digiland Conference, Music Festival, Pasar Rakyat dan UMKM, Digital Land, Digital Run hingga Sustainability Land.

Ribuan pelanggan Telkom dan masyarakat luas antusias mengikuti rangkaian kegiatan Digiland 2024 yang terbagi dalam dua event besar Digiland Conference 2024 dan Digiland Run & Music Festival. Digital Run menjadi event lari pertama Telkom yang sukses menyedot sekitar 10.000 ribu peserta. Sementara itu, Digiland Conference hadir dengan sesi dan pembicara lebih banyak dan menarik generasi milenial dan gen Z untuk lebih perhatian dengan pertumbuhan digital di Indonesia.

Digiland Conference 2024 'Rising Above The Uncertainties'

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menyampaikan Telkom kembali menghadirkan Digiland Conference dengan berbagai tema sebagai upaya mengedukasi masyarakat terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan teknologi dan digitalisasi.

"Teknologi dan digitalisasi sering kali dianggap sebagai sebuah tantangan yang menimbulkan ketidakpastian. Namun, di balik itu, digitalisasi sesungguhnya membawa banyak sekali manfaat di berbagai aspek kehidupan. Teknologi dan digitalisasi mampu menjadi katalisator pengembangan inovasi untuk mencapai hal-hal yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Digitalisasi dapat membawa semua orang untuk maju dan sukses," kata Ririek Adriansyah.

Ririek menegaskan bahwa di usia ke-59 tahun, Telkom Indonesia akan terus berperan aktif untuk mendorong pemanfaatan teknologi dan digitalisasi demi kemajuan bangsa.

Digiland Conference 2024 menjadi wadah bagi masyarakat, mahasiswa, pelajar, hingga komunitas untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan para pakar dan innovator dari berbagai industri. Mengusung tema 'Rising Above The Uncertainties', Telkom mengajak generasi muda untuk tidak perlu takut belajar dan melengkapi diri dalam menghadapi situasi yang terjadi, baik saat ini maupun di masa depan, karena perubahan tidak bisa dihindari.

Digiland Conference 2024 terbagi dalam lima sesi dengan tema dan narasumber inspiratif di berbagai bidang.

1. Elevating Your Future

Elevating Your Future mengusung tema “Rising to New Heights with Generative AI” dengan narasumber Muhamad Fajrin Rasyid, Director of Digital Business Telkom Indonesia; Wafa Taftazani, Founder VCGamers, UpBanx, dan Modal Rakyat; dan Cinta Laura Kiehl, Artist dan Sociopreneur. 

Dalam kesempatan ini, Muhamad Fajrin Rasyid mengajak peserta konferensi untuk bisa memanfaatkan teknologi AI dengan baik.

"Memberlakukan AI sebagai co-pilot, memberikan masukan tetapi ujung-ujungnya siapa pilotnya adalah  kita sendiri. Treat AI sebagai tools, tapi pilotnya adalah kita sendiri,” kata Muhamad Fajrin Rasyid.

2. Elevating Your Enterprise

Elevating Your Enterprise mengusung tema “Building Future Enterprises: How to Keep Up In The Digital Era” dengan narasumber F. M. Venusiana, Director of Enterprise & Business Services Telkom Indonesia; Andanu Prasetyo, CEO Maka Group dan Founder of Toko Kopi Tuku; dan Denny Sumargo, Entrepreneur dan Content Creator.

F. M. Venusiana mengatakan digitalisasi memberikan banyak manfaat dan keuntungan, termasuk dapat meningkatkan kemampuan setiap individu.

“Digital mempermudah proses, productivity naik, efisiensi terjaga, customer experience membaik. Itu bisa meningkatkan skill,” kata F. M. Venusiana.

Di sisi lain, Denny Sumargo mengingatkan bahwa takut adalah kunci menuju kesuksesan. 

"Takut adalah kunci menuju sukses. Takut, solusinya tidak ada kecuali dijalani. Ini adalah proses mencari value dalam diri yang nanti menjadi personal branding di masa depan,” Denny Sumargo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Elevating Your Passion

Elevating Your Passion mengusung tema “From Passion to Profit Unlocking The Potential of Your Interests” dengan narasumber Podcast Agak Laen yakni Bene Dion, Boris Bokir, Indra Jegel, dan Oki Rengga.

4. Elevating Your Business

Elevating Your Business mengusung tema “Content In The Age of Digital Disruption” dengan narasumber Angga Dwimas Sasongko, Movie Director dan CEO Visinema Group; Mira Lesmana, Producer dan Founder Miles Films; dan Sheila Dara, Actress, Host, dan Singer.

Di mata Angga Dwimas, digitalisasi telah memberikan banyak dampak positif bagi industri perfilman. “Distribusi digital saat ini sangat membantu para produser untuk bisa mewartakan film kami lebih cepat, lebih murah, karena penonton mencari yang dekat lalu kemudian medium promosi jauh lebih dekat,” kata Angga Dwimas Sasongko.

Mira Lesmana mengajak generasi muda untuk memanfaatkan AI dengan sebaik mungkin.

“AI sudah di depan mata dan semakin lama semakin canggih. Kita semua harus bisa memanfaatkan AI tapi di saat yang sama menyadari mana yang tidak bisa tergantikan oleh manusia,” kata Mira Lesmana.

5. Elevating Your Impact

Means” dengan narasumber Chelsea Islan, Actress & Ambassador The United Nations Development Programme Indonesia (SDGs Mover); Aryenda Atma, Founder dan CEO Pable; dan Jerhemy Owen, Content Creator.

Chelsea Islan percaya bahwa peran generasi milenial dan Gen Z sangat penting untuk menghadapi krisis lingkungan.

“Peranan generasi milenial dan Gen Z itu sangat luar biasa besar. Sangat dibutuhkan untuk kesadaran masyarakat dalam krisis lingkungan,” kata Chelsea.

Jerhemy Owen meyakini bahwa kedepan Sustainability menjadi cara untuk bertahan hidup.

“Sustainability sekarang masih bisa dibilang jadi pilihan hidup, tetapi kedepannya, Sustainability adalah salah satu cara untuk bertahan hidup,” Jerhemy Owen.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menjelaskan Digiland menghadirkan ragam event untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

“Kami yakin pertumbuhan digitalisasi sangat menunjang pertumbuhan ekonomi. Bicara ekonomi digital maka kita harus perkuat lingkungan digital, baru masuk masyarakat digital. (Digiland Conference) Kita mengajak masyarakat untuk lebih aware terhadap pertumbuhan digital yang ada di Indonesia,” kata Ahmad Reza.

Telkom Luncurkan Wajah Baru Website

Di sela acara Digiland Conference, Telkom juga menampilkan wajah baru website Telkom Indonesia dengan interface yang lebih modern dan akses informasi yang lebih mudah untuk pengalaman pengguna yang lebih seamless.

"Kami ingin agar e-website ini menjadi sarana yang dapat memberikan informasi yang jelas dan clear kepada stakeholders kami, baik itu dari sisi teman-teman Media, investor dan partner bisnis," kata Muhamad Fajrin Rasyid.Setelah para peserta mengikuti konferensi, mereka dihibur dengan penampilan musik dari musisi Indonesia yakni David Bayu dan Sal Priadi.

3 dari 4 halaman

Digiland Run 2024, Berlari Sambil Jaga Kelestarian Lingkungan

Spesial Digiland tahun ini adalah untuk pertama kalinya Telkom menggelar event lari bertajuk Digiland Run 2024 pada Minggu, 28 Juli 2024 yang diikuti sekitar 10.000 pelari. Mereka terbagi dalam tiga kategori yakni 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon), dengan titik start di Plaza Barat Senayan dan titik finish di Plaza Utara GBK. 

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah bersama jajarannya membuka kegiatan Digiland Run 2024 lewat seremoni flag off pada pukul 05.00 WIB. Sejumlah public figure turut meramaikan ajang lari ini, termasuk Daniel Mananta, Melanie Putria, dan Yura Yunita sebagai brand ambassador Digiland Run 2024. 

"Berbeda dari sebelumnya, Digiland 2024 menghadirkan event Digiland Run dan mengajak seluruh komunitas serta pecinta olah raga lari untuk bersama-sama menjalankan pola hidup sehat dalam semarak ulang tahun Telkom di Digiland 2024," kata Ririek.

Digiland Run 2024 ini berbeda dari kompetisi lari lainnya karena melibatkan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), salah satunya untuk mengukur rute perlombaan. Serta menggandeng tim  D&D Sport Race Management sebagai organizer pagelaran ini. Tidak hanya menyajikan berbagai unsur teknologi, seperti registrasi online hingga timing system yang terintegrasi global, Digiland Run 2024 juga mengajak peserta untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. 

Dari setiap 5 kilometer jarak yang ditempuh oleh pelari dikonversi menjadi 1 pohon, sehingga menghasilkan 18.000 pohon yang akan disebar di hutan binaan Telkom. Program pelestarian lingkungan ini bagian dari komitmen Telkom terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG).

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada peserta dan pemenang lomba lari, Digiland Run 2024 menyediakan total hadiah senilai Rp172 juta yang untuk kategori 5K (Nasional dan Master) 10K (Nasional dan Master), dan 21K (Half Marathon) serta berbagai doorprize menarik.

Kemeriahan Digiland Run 2024 semakin lengkap dengan hiburan musik dari Saykoji dan Marion Jola di panggung utama di dalam Tennis Indoor Senayan. Peserta dan pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner di area Pasar Rakyat dan UMKM serta booth-booth activity dari Telkom seperti EXIST for Change, Indibiz Experience, hingga booth IndiHome untuk mengakses informasi dan mengikuti challenge berhadiah menarik.

4 dari 4 halaman

Music Festival, Bertabur Bintang

Kemeriahan Digiland 2024 berlanjut dengan pagelaran Music Festival bertabur bintang yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan. Mulai dengan penampilan The Changcuters, Fourtwnty dan Yura Yunita. Di sela pertunjukan music, Digiland juga menggelar e-Sport Competition.

Memasuki malam puncak, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek beserta jajarannya tampil ke atas panggung untuk selebrasi 59 tahun Telkom Indonesia. Momen selebrasi ini diawali dengan pemutaran video yang menggambarkan harapan Telkom Indonesia untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata yang berfokus pada berfokus tiga domain bisnis digital. Tinggikan semangat untuk melangkah bersama mencapai satu tujuan untuk Indonesia. 59 Tahun Telkom Indonesia Elevating Your Future.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Dewa 19 feat Ello, King Nassar dan DJ Karaoke Bersama Feel Koplo. Semua penonton ikut bernyanyi, mengabadikan setiap momen hingga menyalakan flash light smartphone agar alunan lagu semakin syahdu dinyanyikan.

Simak keseruan Digiland 2024 melalui instagram @digilandid atau tagar #Digiland2024 #DigilandConference #ElevatingYourFuture #ElevatingYourJoy.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.